Narasumber Pembinaan RT/RW, Ini Yang Disampaikan Serda Sohirin

Cilacap – Babinsa Koramil 05/Nusawungu, Serda Sohirin memberikan materi tentang pentingnya fungsi dan tugas sebagai Ketua RT/RW. Hal tersebut diberikan saat kegiatan pembinaan tentang fungsi dan tugas RT/RW di wilayah binaannya yaitu di Balai Desa Danasri Lor, Kecamatan Nusawungu, Kamis (8/11/21).

Kegiatan yang digelar oleh Pemerintahan Desa Danasri Lor ini dihadiri langsung Kepala Desa Dalail, Bhabinkamtibmas Polsek Nusawungu Anton P., Lembaga Desa Danasri lor. Dan diikuti oleh para Ketua RT dan RW se Desa Danasri Lor.

Babinsa Serda Sohirin menegaskan, Ketua RT maupun RW di desa memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting terutama dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap masyarakatnya. Keberadaan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki peran yang sangat strategis sebagai mitra kelurahan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, kemasyarakatan serta pembangunan.

“Keberadaan RT dan RW memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan desa atau kelurahan. RT dan RW merupakan wadah untuk memberdayakan masyarakat sehingga eksistensi lembaga ini perlu untuk terus dibina, diperkuat, dan diberdayakan secara berkesinambungan,” tegasnya.

Dihadapkan dengan 5ugasnya sebagai Babinsa, Setda Sohirin mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk tugas dan tanggung jawabnya dalam mengenali situasi dan kondisi wilayah sekaligus sebagai ajang silaturahmi Babinsa dengan masyarakat binaannya.

“Ini sangat berkaitan erat dengan tugas kita sebagai Babinsa. Untuk itu melalui kesempatan ini, kami mengharapkan peran dan tugas RT maupun RW agar ditingkatkan lagi, apabila ada hal yang menonjol laporkan agar bisa lebih cepat terdeteksi, sehingga bisa segera di temukan jalan keluar dari setiap persoalan yang di rasakan oleh warga masyarakat,” Tutupnya.

Saat membuka kegiatan pembinaan, Kepala Desa Danasri Lor Dalail juga menyampaikan peranan yang strategis dari RT/RW sebagai mitra dari Pemerintahan Desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Dia juga mengatakan, acara ini juga sebagai sarana sharing terkait segala dinamika serta permasalahan pelayanan termasuk masalah adminduk maupun yang lainnya di wilayah Desa Danasri Lor. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!