Ini Yang Disampaikan Babinsa Pada Pembinaan Linmas Desa Kedungwadas

Cilacap – Sebagai unsur keamanan di tingkat terendah yaitu lingkungan, Linmas mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka deteksi dini dan cegah dini dengan selalu berkoordinasi dengan unsur terkait dari tingkat RT/RW maupun Dusun.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Kedungwadas Koramil 09/Kawunganten saat kegiatan pembinaan kepada anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) Desa Kedungwadas yang digelar Pemdes Kedungwadas di Pendopo Balai Desa setempat, Kamis (18/11/21).

Lebih lanjut Babinsa menjelaskan, Linmas merupakan peranan penting ditingkat desa dalam mewujudkan situasi Kamtibmas di desa. Perannya sangat membantu Aparat Keamanan baik Babinsa maupun Bhabinkamtibmas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kehidupan di wilayah binaan.

“Gunakan cara terbaik deteksi dini dan berkoordinasi dengan RT/RW apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, perkelahian atau pun bencana alam. Selalu waspadai perubahan cuaca dan segera laporkan bila terjadi bencana alam,” Jelasnya.

Demikian halnya yang disampaikan Kasi Trantib Kecamatan Bantarsari, Sartomo. Memberikan informasi terkait keamanan desa adalah salah satu bagian dari tanggung jawab Linmas. Menurutnya, keberadaan Linmas sangat diperlukan sehingga kesejahteraannya pun juga harus di perhatikan oleh desa.

“Selaku Linmas supaya mempunyai kartu anggota dan kita akan memberikan arahan untuk desa supaya memperhatikan Linmas baik dari segi kesehatan, kesejahteraan meliputi pakaian maupun lainnya,” kata Sartomo.

Sementara itu, bagi Sekdes Kedungwadas Haerul mengatakan, kegiatan hari ini selain pembinaan adalah untuk sarana silaturahmi. Dia juga menghimbau terkait musim hujan agar waspada petir. Bagi masyarakat yang beraktivitas di sawah agar segera kembali ke rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!