Ini Tujuan Tim Wasev Bidang Wanwil Korem 071/WK Kunjungi Koramil Jajaran Kodim Cilacap

Cilacap – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) dari Staf Teritorial khususnya Bidang Wanwil Korem 071/Wijayakusuma turun ke Satuan jajaran dalam hal ini diagendakan mengunjungi wilayah Kodim 0703 Cilacap guna melaksanakan tugas dan fungsinya terkait pengawasan dan evaluasi program kerja bidang terkait pembinaan jaring teritorial atau mitra Karib tahun 2021 di Satuan Koramil, dalam hal ini sebagai perwakilan Koramil 18 Cilacap Utara, Jumat (19/11).

Tim Wasev dipimpin Perwira Seksi (Pasi) Wanwil Korem 071/Wijayakusuma Mayor Inf Safari Dairiyanto dengan anggota Bintara Staf terkait. Turut mendampingi Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Saidin beserta Bintara Staf Teritorial Bidang Wanwil.

Adapun tujuan Tim Wasev adalah untuk melaksanakan program pengawasan dan evaluasi terhadap pembinaan mitra karib atau jaring teritorial di Koramil jajaran Kodim 0703 Cilacap. Sejauh mana pembinaan yang sudah dilaksanakan Kodim maupun Koramil terhadap para mitra karib yang notabene jaring teritorial yang dalam pelaksanaanya selalu bersama dengan aparat kewilayahan (Babinsa) di masing masing wilayah binaanya.

Dijelaskan Pasi Wanwil Korem 071/Wijayakusuma Mayor Inf Safari Dairiyanto bahwa mitra karib merupakan warga masyarakat di wilayah binaan yang terdiri dari berbagai status sosial dan profesi yang menjadi mitra para babinsa dan dilakukan pembinaan secara berkala melalai metode Komunikasi Sosial (Komsos).

“Melalui wasev yang dilakukan secara terprogram akan memastikan pembinaan mitra karib ini sudah dilakukakan dengan baik sesuai program dari Komando Atas. Mitra karib memiliki peran yang penting terutama sebagai pemberi informasi kepada aparat kewilayahan mana kala ada hal- hal menonjol di wilayah,” jelasnya.

Lebih lanjut, mengingat betapa pentingnya peranan tersebut perlunya pembinaan mitra karib secara terprogram. Hal ini akan sangat membantu mengoptimalkan terkait deteksi dini, cegah dini dan temu cepat sehingga akan memudahkan aparat dalam mengantisipasi setiap adanya kejadian di wilaya binaan.

“Tentunya kecepatan informasi dari Babinsa akan menjadi bahan bagi pimpinan untuk memutuskan kebijakan terhadap setiap kejadian atau hal hal menonjol kaitanya menjaga wilayah tetap aman dan kondusif. Selain itu pembinaan mitra karib juga sebagai sarana silaturahmi bagi aparat kewilayahan agar tetap terjalin kemanunggalan TNI Rakyat,” tutupnya. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!