Forkopimda Kabupaten Cilacap, Monitoring New Jogo Tonggo dan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Cilacap – Forkopimda Kabupaten Cilacap, memonitoring New Jogo Tonggo dan Sosialisasi Protokol Kesehatan yang telah dilaksanakan kepada masyarakat beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap. Salah satunya di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan, monitoring New Jogo Tonggo dan Sosialisasi Protokol Kesehatan dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Sidakaya, Jln. Bromo, Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (18/11/21).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim dalam hal ini diwakili Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Hendri Tobing, S.H., M.H, Wakil Bupati Samsul Auliya Rachman, S. STP., M.Si, Kasatbinmas Polres Cilacap Iptu Setiyo Nugroho, S.H.

Juga Asisten 1 Sekda Kabupaten Cilacap Dian Setya Budi, Asisten 2 /Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Wasi Ariyadi, M.M, Kasatpol PP Cilacap Luhur Satrio Muchsin, S.STP., M.Si., Kepala Badan Kesbangpol
Kabupaten Cilacap Sutaryo, S.Sos., M.Si, Kepala Dinkes Kab. Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si., Camat Cilacap Selatan Bintang Cahyono, A.P., M.M dan Para Lurah dan Ketua RW se Kecamatan Cilacap Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Cilacap Selatan Bintang Cahyono, A.P., M.M memaparkan New Jogo Tonggo Cilacap Selatan dan Pam Natal dan Tahun Baru 2022, Penanganan Covid-19 serta pelaksanaan Jogo Tonggo di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan. Demikian halnya dari Polres Cilacap, melalui Kasatbinmas lptu Setiyo Nugroho memaparkan New Jogo Tonggo Cilacap dan perkembangan Covid 19 di Kabupaten Cilacap sampai tanggal 17 Nopember 2021 Pukul 17.00 WIB.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan bahwa kegiatan ini sangat strategis karena selain untuk mengevaluasi berbagai pelaksanaan kegiatan program Jogo Tonggo yang selama ini telah berjalan, juga meningkatkan kesadaran hukum masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan melalui operasi Yustisi Penegakan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap.

Evaluasi kegiatan Satuan Tugas New Jogo Tonggo ini juga melibatkan unsur RT/RW, Kepala Desa/Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Satlinmas, Tim Penggerak PKK, Posyandu, Dasawisma, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Penyuluh / Pendamping / Tenaga Kesehatan, Karang Taruna dan Relawan lainnya.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah terlaksananya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pengoptimalan Pos Komando Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Kabupaten Cilacap serta meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin untuk ikut serta mensukseskan vaksinasi program Covid- 19 di Kabupaten Cilacap,” Kata Bupati.

Selain Jogo Tonggo, Pemerintah Kabupaten Cilacap juga mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit di Kabupaten Cilacap. Melalui perda ini dihimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk taat terhadap protokol kesehatan. Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Satpol PP dan jajarannya setiap hari mengadakan razia bagi masyarakat yang tidak taat terhadap protokol kesehatan.

“Saya harap warga masyarakat memiliki kesadaran untuk selalu mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih, selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan pola hidup bersih dan sehat dan memakai masker dimanapun berada. Kemudian melalui satgas penanganan Covid-19 serta berbagai pihak, agar terus mensosialisasikan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” Harap Tatto.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati menegaskan, Natal Tahun 2021 dan perayaan pergantian tahun baru 2022, harus kondusif dan untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan koordinasi yang mantap dan terus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, mulai dari aparat keamanan di semua tingkatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi kemasyarakatan.

“Kita tentunya berharap keamanan di wilayah Kabupaten Cilacap terus terjaga, sehingga segenap Umat Kristiani dapat merayakan Natal Tahun 2021 dengan khidmat dan nyaman. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan koordinasi yang mantap dan harus terus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, mulai dari aparat keamanan di semua tingkatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi Kemasyarakatan,” Pungkasnya. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!