Forkopimcam Somagede Adakan Penghijauan Dengan Menanam 10.750 Pohon

Banyumas – Dalam kehidupan, manusia akan selalu bergantung pada keberadaan pohon, begitu juga sebaliknya. Masing-masing dari keduanya memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Pohon yang memberikan kehidupan dan berbagai sumber daya untuk manusia, dan manusia yang menjaga serta merawat pohon.

Memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan Pemerintahan Kecamatan Somagede, Koramil 09/Somagede dan Polsek Somagede serta kelompok tani hutan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Banyumas menanam 10.750 pohon diwilayah kecamatan Somagede. Kamis (18/11/2021).

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., melalui Danramil 09/Somagede Kapten Inf Susilo Prasetiyo mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan penghijauan ini dalam rangka menjaga ekosistem lingkungan, disamping untuk menanggulangi bencana alam juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hari ini kita bersinergi menanam sepuluh ribu tujuh ratus lima puluh (10.750) pohon diwilayah kecamatan Somagede yang terdiri dari pohon Durian, Pete, Albasia, Mahoni dan Jati guna mencegah erosi tanah. Erosi tanah adalah masalah yang umum terjadi di tanah tandus. Tanah yang tandus akan mengalami angin kencang yang membawa partikel-partikel besar dari tanah sehingga menyebabkan erosi tanah dan juga berdampak negatif pada kualitas udara. Tambahnya.

Apalagi sekarang kita menghadapi musim penghujan, jadi dengan penanaman pohon di bantaran sungai ini dapat bermanfaat untuk mencegah longsor akibat luapan air sungai. Manfaat penghijauan yang lainnya yaitu membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Pohon memainkan peran penting dalam memurnikan udara. Orang-orang yang tinggal di daerah dengan banyak pohon memiliki risiko lebih kecil menderita kondisi yang berhubungan dengan udara. Ini karena pohon dapat memurnikan karbon dioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis. Terangnya.

Selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan di tempat-tempat umum, penghijauan ini juga memberikan banyak manfaat bagi lingkungan. Pohon-pohon yang ditanam akan mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya, dan memberikan suplai oksigen bagi manusia.

Tak lupa, Kodim 0701/Banyumas juga menghimbau masyarakat Banyumas agar selalu mentaati kebijakan pemerintah tentang protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu pakai masker jika melakukan kegiatan di luar rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang masih harus diwaspadai sampai dengan saat sekarang. Pungkasnya. Pendim 0701/Banyumas.

Sharing is caring!