Tingkatkan Iman Dan Taqwa Prajurit, PNS Serta Persit Kodim 0701/Banyumas Terima Penyuluhan Bintal

Banyumas – pembinaan mental adalah usaha untuk memperbaiki dan memperbaharui suatu tindakan atau tingkah laku seseorang melalui bimbingan mental/jiwanya sehingga memiliki kepribadian yang sehat, akhlak yang terpuji dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupannya.

Guna meningkatkan Iman Dan Taqwa Prajurit, PNS Serta Persit Kodim 0701/Banyumas mengikuti penyuluhan pembinaan mental rohani dan ideologi kejuangan yang di selenggarakan oleh Bintal Kodam IV/Diponegoro yang bertujuan mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran. Dilaksanakan di Indoor lapangan tembak senapan angin Makodim 0701/Banyumas, Jln. Jenderal Sudirman No. 204 kelurahan Kedungwuluh kecamatan Purwokerto Barat kabupaten Banyumas. Rabu 13/10/2021.

Dalam sambutan Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E., M.I.Pol., yang di sampaikan oleh Kasdim 0701/Banyumas Mayor Inf Nurrohmat S.Ag mengatakan melalui penyuluhan pembinaan mental ini, Prajurit, PNS dan Persit diharapkan dapat memperbaharui atau proses, perbuatan, cara membina, usaha, tindakan, dan kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Diharapkan, para Prajurit, PNS dan Persit mengikuti serta menyimak dengan baik pemaparan oleh pemateri. Sebab orang yang memiliki mental yang sehat adalah yang memiliki sifat-sifat yang khas antara lain : mempunyai kemampuan untuk bertindak secara efesien, memiliki tujuan hidup yang jelas, memiliki konsep diri yang sehat, memiliki koordinasi antara segenap potensi dengan usaha-usahanya, memiliki regulasi diri dan integrasi kepribadian dan memiliki batin yang tenang. Pungkasnya.

Sementara itu Wakabintal Letkol Inf. Abdullah Faqih S.Ag., sebagai penyuluh dari Bintaldam IV/Diponegoro menyampaikan kepada seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil dan Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0701/Banyumas, kesehatan mental yang merupakan suatu kondisi batin agar senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan tentram, serta upaya untuk menemukan ketenangan batin dapat dilakukan antara lain melalui penyesuaian diri secara resignasi (penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan), tuturnya.

Mental yang sehat adalah terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara individu dengan dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan keimanan dan ketakwaan serta bertujuan untuk mencapai hidup bermakna dan bahagia di dunia serta akhirat.

Dari beberapa defenisi yang telah dikemukakan di atas, maka dapat dipahami bahwa orang yang sehat mentalnya adalah terwujudnya keharmonisan dalam fungsi jiwa serta tercapainya kemampuan untuk menghadapi permasalahan sehari-hari, sehingga merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam dirinya. Pungkasnya.

Tim Bintal Kodam IV/Diponegoro dipimpin Letkol Inf Abdullah Faqih S. Ag (Wakabintaldam) dengan anggota Mayor Kav Sumitro Alfian S.T (Kasi Talidjuang Bintaldam VI Diponegoro) dan Pa Binroh Nasrani Bintaldam IV/Diponegoro Kapten Inf. Priyanto. Pendim 0701/Banyumas.

Sharing is caring!