Lestarikan Budaya, Kodim Purbalingga Gelar Gladhen Jemparingan

PURBALINGGA – Kodim 0702/Purbalingga menyelenggarakan kegiatan komsos kreatif Tahun 2021 dengan menggelar kegiatan Gladhen Jemparingan Mataraman (panahan tradisional) di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 75 peserta baik perorangan maupun dari berbagai sasana yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Menurut Andi (45), salah satu panitia sekaligus koordinator kegiatan dari Persatuan Panahan Nasional Indonesia (Perpani) Kabupaten Purbalingga menuturkan jika panahan jemparingan sedikit berbeda dengan panahan pada umumnya dan merupakan panahan tradisional.

“Panahan lain berfokus pada kemampuan pemanah membidik target dengan tepat, biasanya panahan dilakukan sambil berdiri namun jemparingan dilakukan dengan duduk dan menggunakan kostum adat Jawa. Olahraga ini merupakan olahraga khas dari Kerajaan Mataram,” tuturnya menjelaskan.

Sementara itu Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han saat membuka kegiatan berharap jika melalui kegiatan ini persatuan dan kesatuan bangsa dapat makin kuat terbina serta budaya panahan tradisional tetap lestari.

“Kegiatan yg dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi sosial guna meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus melestarikan budaya,” katanya.

Selanjutnya salah satu peserta jemparingan, Ruri Atmini (48) dari Sasana Sambisena Yogyakarta mengatakan jika kegiatan jemparingan yang diinisiasi oleh Kodim 0702/Purbalingga ini merupakan terobosan yang berbeda sebagai sarana komunikasi sosial TNI dengan masyarakat dalam membina olahraga dan melestarikan budaya.

“Upaya yang masih jarang dilakukan, ini merupakan sarana komunikasi sosial yang sangat baik antara TNI dengan masyarakat yang perlu terus dilanjutkan,” katanya. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!