Koramil 04/Karangkobar Bersama Relawan dan Warga Kerja Bakti Membuat Tanggul Penahan Dari Karung

Intensitas hujan tinggi di Wilayah Kecamatan Karangkobar, dengan diguyur hujan lebat pada Hari Kamis Sore 20 Oktober 2021, mengakibatkan lahan pekarangan belakang rumah Hatilah (60) Warga Dusun Karangkobar Kulon Rt 04 Rw 01 Desa Karangkobar Kecamatan Karangkobar longsor. Jum’at, (21/10/21).

Walaupun tidak menimbulkan kerugian jiwa, namun Rumah bagian Dapur dan ruangan Kamar mandi ukuran 4 x 4 meter ikut terbawa longsor ke bawah. dampaknya mengancam rumah tersebut.

Akan tetapi Warga Masyarakat Dusun Karangkobar kulon bersama Relawan dan Anggota Koramil 04/Karangkobar tetap mengamankan sekitar lokasi kejadian dengan berkoordinasi bersama warga lainya untuk bersama sama melaksanakan Kerja Bakti membuat Tanggul pengaman, yaitu dengan kantong atau karung yang diisi Tanah disusun secara bertingkat atau sistem Teras untuk mengatasi longsor lanjutan.

Selain pemasangan Senderan Kantong yang diisi Tanah dipasang dengan Sistem Teras sebagai antisipasi longsoran sebagai antisipasi dan menstabilkan lereng tanah juga melaksanakan Pemasangan Terpal sebagai langkah antisipasi resapan air apabila hujan dan dapat menghambat terkikisnya tanah oleh aliran air hujan.

Danramil 04/Karangkobar Kapten Inf Asep Zaenal yang turun langsung dalam kegiatan tersebut menegaskan, “bahwa upaya mengurangi dampak ancaman longsor lanjutan maupun resiko maka upaya membuat tanggul dengan kantong ataupun karung yang diisi tanah dan pemasangan terpal merupakan cara sementara yang baik. Sekaligus menghimbau dan mengajak warga untuk waspada dan hati hati bila hujan, tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Karangkobar Djunarto membenarkan “bahwa Warga dan Relawan serta Anggota Koramil 04/Karangkobar terus berupaya mengamankan dengan cara mengurangi resiko dampak longsor lanjutan , dengan buat tanggul karung maupun kantong, mudah mudah cara tersebut lebih baik, tak lupa ucapkan berterima kasih atas partisipasi”, pungkasnya. Pendim 0704/Banjarnegara.

Sharing is caring!