Job Training di Pekalongan Selesai, Bintara Otsus Asal Papua Siap Menjadi Babinsa

Kota Pekalongan – Sebanyak 7 Bintara Otonomi Khusus asal Kodam XVIII Kasuari Papua, selesai melaksanakan Job Training di wilayah Kodim 0710/Pekalongan. Mereka belajar dan menimba ilmu serta ketrampilan, adat istiadat dan kesenian jawa selama 2,5 bulan di wilayah Kodim 0710/Pekalongan.

Acara pelepasan bertempat di ruang data Kodim 0710/Pekalongan, yang dihadiri oleh Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, S.I.P, Kepala Staf Kodim Letkol Inf Raji, para perwira Staf Kodim, Babinsa Pendamping serta 7 Bintara Otsus asal papua.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamongan Lumban Toruan usai acara pelepasan menyampaikan, bahwa Kodim 0710/Pekalongan mendapat amanah sebanyak 7 Bintara Otsus asal Papua untuk di didik dan diperkenalkan budaya dan adat istiadat jawa sebagai bekal nantinya di kesatuan asal yaitu papua.

“ Kita berharap apa yang sudah kita berikan selama selama 2,5 bulan di Kodim 0710/Pekalongan ini bisa menjadi bekal nantinya setelah mereka kembali ke papua”,harap Dandim.

Dengan selesainya melaksanakan Job Training atau OTJ di wilayah Kodim 0710/Pekalongan ini, maka menurut Dandim, mereka sudah siap kembali ke daerah asal yaitu Papua Barat dan menjadi seorang Babinsa.

“ Pesan saya, contoh hal yang baik-baik selama di Jawa ini, dan praktekan di kehidupan yang sesungguhnya sebagai seorang Babinsa di Papua”,pungkasnya.

Mewakili 6 anggota Ba Otsus lainya, Serda Rudikutanggas menyampaikan, selama mengikuti kegiatan pembekalan di Kodim 0710/Pekalongan selama 2, 5 bulan banyak hal yang dipelajari baik ketrampilan maupun adat istiadat jawa dan kuliner.

“ Banyak sekali pengalaman dan ketrampilan yang saya dapat selama berada di Pekalongan ini, seperti belajar membuat telur asin, belajar membatik serta belajar mengajar anak-anak sekolah dan pendampingan vaksinasi”, jelas Serda Rudi.

Dirinya juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Komandan Kodim 0710/Pekalongan serta kakah asuh pendamping dan seluruh keluarga besar Kodim 0710/Pekalongan yang sudah memberikan bimbingan selama melaksanakan kegiatan OTJ di wilayah Pekalongan.

“ Terimakasih kepada Komandan Kodim 0710/Pekalongan, kakak asuh Pendamping serta seluruh keluarga bersar Kodim 0710/pekalongan yang sudah memberikan bekal kapada kami sehingga banyak hal dan pengalaman yang bisa menjadi bekal kami nanti setelah kembali ke Papua”,tandasnya.

Selain itu dirinya juga berharap kedepan bisa lebih banyak lagi belajar tentang budaya, kesenian dan adat istiadat jawa untuk bekal sebagai seorang Babinsa di Papua. Pendim 0710/Pekalongan.

Sharing is caring!