Dandim Purbalingga Perintahkan Babinsa Waspadai Bencana

PURBALINGGA – Antisipasi fenomena cuaca di sebagian besar wilayah Kabupaten Purbalingga yang saat ini kerap terjadi hujan membuat Dandim 0702/Purbalingga mengumpulkan Babinsa jajarannya di Indoor Cokro Sunarjo, Senin (25/10/2021).

Dalam arahannya, Dandim menegaskan jika keterlibatan TNI dalam proses penanggulangan bencana alam sejalan dengan pasal 7 Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya adalah membantu penanggulangan bencana alam baik pada tahap tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi. Oleh karenanya Babinsa di wilayah harus aktif mengambil peran.

“Babinsa agar waspadai wilayahnya jika terjadi bencana, segera bantu masyarakat karena ini merupakan salah satu tugas TNI sesuai UU,” katanya mengingatkan.

Dandim juga menekankan kepada Babinsa jika tipologi dan kontur wilayah Purbalingga merupakan daerah yang banyak rawan terjadi bencana khususnya bencana alam bila hujan dengan intensitas tinggi dan lebat turun sehingga perlu mempererat lagi komunikasi dan kerjasama dengan seluruh unsur terkait dalam penanggulangan bencana.

“Banjir dan tanah longsor rawan terjadi di sebagian besar wilayah Purbalingga karena kontur dan tipologi wilayahnya, koordinasikan dengan seluruh unsur terkait kebencanaan terkait penangulangan,” pungkasnya menegaskan. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!