Dandim 0711/Pemalang Hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 Bersama Forkopimda dan Karang Taruna

Pemalang – Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han) bersama Forkopimda Pemalang hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021. Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar Karang Taruna Kabupaten Pemalang selain memperingati Hari Sumpah Pemuda juga dilaksanakannya kegiatan menanam 9300 pohon di bantaran sungai desa Sokawangi kecamatan Taman kabupaten Pemalang, Kamis (28/10/2021).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda 93 tahun 2021, digelar di lapangan Desa Sukawangi kecamatan Taman kabupaten Pemalang., Tampak hadir Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST., M.Si., Sekda Pemalang Dr. Ap. Ir. M Arifin M. Si., Ketua Baznas Kab. Pemalang Agus Nurkholis, Dewan Penasehat Robithoh Kab. Pemalang Habib Mustofa dan Ketua Karang Taruna Kab. Pemalang Abdul Hakim.

Ketua Karang Taruna Kab. Pemalang Abdul Hakim, mengatakan momentum Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk meningkatkan kapasitas peran karang taruna bagi pembangunan kabupaten Pemalang, Pemuda didorong untuk memiliki kesadaran kemauan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa.
Menurut Abdul Hakim, melalui program love, ia yakin pemuda di daerahnya akan lebih memiliki peran strategis serta kemampuan untuk terlibat dalam musyawarah desa atau yang lainnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST., M.Si., mengajak agar aksi penanaman pohon dalam peringatan Sumpah Pemuda ini menjadi komitmen bersama untuk melestarikan alam, pohon-pohon yang ditanam harus terus dijaga sehingga kelestarian alam dan sumber air di kabupaten Pemalang akan tetap terjaga.

Menurut Bupati Mukti Agung Wibowo, ST., M.Si., manfaat dari pepohonan yang mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Pepohonan juga berfungsi sebagai penahan erosi, jika jumlah pepohonan yang ada berkurang, dan pertumbuhan manusia terus meningkat setiap tahun, lama-kelamaan cadangan sumber mata air berkurang sedang kebutuhan akan air meningkat.

“Sebagai manusia yang hidup dan bergantung dengan alam, sudah sepantasnya kita mewujudkan rasa syukur kita dengan kegiatan-kegiatan pelestarian alam. Tidak hanya sekedar menanam pohon saja, melestarikan alam juga bisa dimulai dengan hal-hal yang kecil seperti mengurangi penggunaan plastik, tidak membuang sampah sembarangan”, terang Bupati.

Sementara itu, Dandim 0711/Pemalang, mengatakan melestarikan alam dengan cara menanam pohon pun merupakan aksi bela Negara, dimana setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara, ini adalah ini adalah wujud kecintaan Seorang warga negara pada tanah air.

“Saya berharap agar kegiatan yang dilaksanakan hari ini dijadikan momentum untuk lebih menghargai serta menjaga kelestarian alam dan mempererat tali silaturahmi dan sekaligus sebagai wujud kemanunggalan TNI rakyat”, Pungkas Dandim. Pendim 0711/Pemalang.

Sharing is caring!