Cegah Longsor, Tanam 1000 Pohon di Bukit Sendaren Purbalingga

PURBALINGGA – Babinsa Koramil 11/Karangmoncol Kodim 0702/Purbalingga bersama anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 11/Karangmoncol melakukan penanaman 1000 pohon di Bukit Sendaren Desa Panusupan petak 25 wilayah Kecamatan Rembang perbatasan Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (30/10/2021).

Aksi peduli lingkungan kali ini juga dilakukan bersama Babinsa Koramil 13/Rembang, Dinpertan Kabupaten Purbalingga, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Perangkat Desa Panusupan.

Menurut Serda Mustaqim Babinsa Koramil 11/Karangmoncol yang terlibat dalam kegiatan ini menuturkan, bibit bantuan dari Dinpertan Purbalingga jenis durian. Penanaman 1000 pohon menjadi salah satu solusi untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor. Untuk melakukan upaya mitigasi bencana melalui penanaman pohon di lokasi-lokasi yang berpotensi bencana.

“Sebagai salah satu upaya penangulangan bencana banjir dan tanah longsor,” ungkapnya menjelaskan.

Ia menambahkan di Bukit Sendaren Panusupan termasuk daerah rawan banjir dan tanah longsor maka memilih tempat ini sebagai lokasi kegiatan, sekaligus untuk melatih anggota SWK khususnya bidang krida penangulangan bencana.

“Hal ini sekaligus untuk melatih anggota SWK lakukan aksi nyata di lapangan khususnya bidang krida penangulangan bencana,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Dina Syefira (18) salah satu anggota SWK Koramil 11/Karangmoncol mengatakan selain melakukan penanaman 1000 pohon penghijauan, juga melakukan kerja bhakti pembersihan lingkungan di sekitar Bukit Sendaren. Dimana Puncak Sendaren merupakan salah satu tempat wisata di Purbalingga yang menyajikan pemandangan alam yang eksotis dari ketinggian sekitar 682 meter di atas permukaan laut. Objek wisata alam Purbalingga ini dikenal memiliki spot cantik untuk melihat keindahan alam Kabupaten Purbalingga dari ketinggian.

“Kegiatan ini sebagai aplikasi bidang krida penangulangan bencana untuk melestarikan hutan dan menjaga Puncak Sendaren salah satu tempat wisata di Purbalingga,” ujarnya mengakhiri. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!