Baotsus Bantu Petani Bajak Sawah

Batang – Serda Hiskia Mambrasa, Bintara Otonomi Khusus (Baotsus) dari Papua dengan di dampingi Serda Didik Babinsa Koramil 04/Bawang yang sedang melaksanakan training di Koramil 04/Bawang Kodim 0736/Batang membantu petani untuk membajak sawah milik Bapak Kliwon di Dusun Bantir, Desa Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, Selasa (19/10).

” Proses pembajakan sawah dilakukan dengan menggunakan traktor modern milik bapak Naryo, di lahan sawah bapak kliwon seluas seperempat hektar. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) mendukung progam swasembada pangan yang merupakan program dari Pemerintah pusat.

Setelah sawah ini selesai di bajak, nanti akan di tanami padi, kami sebagai Babinsa akan tetap membantu para petani agar tetap menanam padi walau di masa pandemik covid 19, dengan tidak melanggar protokol kesehatan yang di anjurkan Pemerintah Daerah (PEMDA).

” Ini merupakan sebagian dari ilmu yang didapat para Babinsa Otonomi Khusus ( Baotsus ) selama melaksanakan pembekalan diwilayah Kodim 0736/Batang, sehingga apa yang di dapat selama training disini akan bisa mereka terapkan di Papua atau daerah binaan mereka”. Tutur Serda Didik pendamping Baotsus.

Membaurnya Babinsa di Koramil jajaran Kodim Batang dengan para petani itu, lanjutnya, adalah untuk memberikan bantuan kepada petani agar segera mengolah lahan sawahnya demi percepatan masa tanam di wilayah lokal. Hal itu dilakukan karena kebiasaan para buruh di masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya. Pungkasnya.

Pemilik sawah Kliwon menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil 04/Bawang kodim 0736/Batang yang selalu hadir dengan setia, dimana selalu mendampingi para petani pada saat melakukan pengolahan lahan baik itu pada saat membajak sawah, pembibitan, penyiangan rumput, pemupukan bahkan hingga panen tiba babinsa selalu ada di tengah – tengah petani.

” Kami sangat berterima kasih kepada para Babinsa karena dapat membantu mereka para petani dan berharap kerjasama dan kemitraan dengan warga masyarakat selalu terjaga,” ungkap Kliwon. Pendim 0736/Batang.

Sharing is caring!