Prajurit Kodim Purbalingga Jalani Tes Garjas

PURBALINGGA – Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 tak berarti program latihan dan pembinaan prajurit khususnya di Kodim 0702/Purbalingga terhenti.

Selama 2 hari terhitung mulai tanggal 28-29 September 2021, ratusan prajurit Kodim 0702/Purbalingga jalani Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Tahap ll Tahun 2021 di Gor Goentoer Darjono Purbalingga dan kolam renang Tirta Asri Walik Kutasari Purbalingga dengan asistensi dari Tim Jasmani Militer dan Seksi Personel Korem 071/Wijayakusuma, Selasa (29/9/2021).

Tes dilaksanakan tetap dengan protokol kesehatan serta diawali dengan pemeriksaan kesehatan, dimana apabila peserta dinyatakan memenuhi syarat maka akan menjalani Tes Garjas A yaitu lari selama 12 menit, pull ups, lounges, sit ups, push ups dan shuttle run kemudian renang dasar sejauh 50 meter dengan target waktu sesuai kategori umur.

Dalam pelaksanaannya, Peltu Yudianto selaku Katim Asistensi Jasmani Militer (Jasmil) dari Korem 071/Wijayakusuma untuk Kodim 0702/Purbalingga turut menekankan kepada peserta Tes Garjas agar faktor keamanan tetap menjadi prioritas dalam pelaksanaannya.

“Utamakan faktor keamanan diri, bila merasa kurang sehat segera laporan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena kesehatan yang memahami adalah diri sendiri,” kata Peltu Yudianto menegaskan.

Dipihak Kodim 0702/Purbalingga, Perwira Seksi Personel Kapten Arm Sudiyo menuturkan jika kegiatan tes ini merupakan program pembinaan personel di satuan yang harus dilaksanakan oleh prajurit sebagai tolak ukur pembinaan dan kesegaran jasmani prajurit.

“Merupakan program dan tolak ukur kesehatan dan kesegaran jasmani prajurit agar dapat mendukung pelaksanaan tugasnya,” ungkap Kapten Arm Sudiyo menjelaskan. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!