Penanganan Dampak Pasca Bencana Puting Beliung di Kalinusu Brebes

Brebes – Puluhan warga masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melanjutkan gotong-royong pasca bencana alam angin puting beliung yang merusak 30 atap rumah dan atap 1 Mushola Al Ikhlas di Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, serta 2 atap rumah di Dusun Krajan Timur. Sabtu (25/9/2021).

Warga dibantu sejumlah Babinsa dari Koramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes, Komunitas RAPI Bumiayu, dan Linmas setempat untuk membersihkan batang dan ranting pohon serta melakukan perbaikan atap rumah.

Disampaikan Danramil 08 Bumiayu Kapten Armed Jupriadi, kegiatan OMSP (Operasi Militer Selain Perang) dalam Pemda mengatasi bencal itu dimulai sejak pukul delapan pagi.

“Kita bersama-sama disini untuk membantu kesulitan masyarakat Kalinusu yang rumahnya terdampak angin puting beliung yang terjadi pada Jumat sore kemarin (24/9),” terangnya.

Camat Bumiayu, Eko Purwanto, Sp. Msi, yang ikut terjun kerja bakti, menyatakan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah membantu musibah yang dialami puluhan warganya itu, baik TNI-Polri, BPBD Bumiayu, serta segenap elemen masyarakat di Kalinusu.

Bersama Babinsa, Eko juga menghimbau agar warga lebih meningkatkan kewaspadaan dini terhadap bencana alam saat memasuki musim penghujan ini.

Warga dimintanya untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim, yaitu hujan disertai angin kencang, suhu udara mulai menurun (dingin), dan bahkan sudah mulai hujan es.

Pun untuk mengurangi cabang-cabang pohon di sekitar pekarangan rumah agar nantinya tidak patah atau bahkan pohonnya roboh menimpa rumah saat angin besar terjadi.

Untuk diketahui, tak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun setidaknya atap 7 rumah di Dusun Karanganyar rusak cukup berat termasuk atap mushola tersebut. Pendim 0713/Brebes.

Sharing is caring!