Menyambut HUT Ke-76 TNI, Kodim 0701/Banyumas Adakan Penghijauan Di Cilongok

Banyumas – Menyambut peringatan HUT Ke-76 TNI Tahun 2021, Kodim 0701/Banyumas bekerjasama dengan Polsek Cilongok dan Pemerintahan Kecamatan Cilongok, melaksanakan kegiatan penanaman seribu pohon di sepanjang bantaran sungai Ente desa Sudimara kecamatan Cilongok, kabupaten Banyumas, Senin (27/09/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Roni Hidayat S. STP. M. SI (Camat Cilongok), Kapten inf Syukur (Danramil 23/Cilongok) beserta anggota, AKP Haryanto SH (Kapolsek Cilongok) beserta anggota, Waryoko (Kades Sudimara) beserta perangkat, Ormas, BPD Sudimara, BUMDES Sudimara, Pramuka dan warga desa Sudimara kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., melalui Danramil 23/Cilongok Kapten Inf Syukur mengatakan bahwa penyelenggaran kegiatan penghijauan ini dalam rangka menyambut HUT Ke-76 TNI tahun 2021 yang mengambil tema “TNI BERSAMA RAKYAT WUJUDKAN LINGKUNGAN SEHAT UNTUK INDONESIA KUAT”

Hari ini kita bersinergi menanam seribu pohon dibantaran sungai Ente guna mencegah erosi tanah. Erosi tanah adalah masalah yang umum terjadi di tanah tandus. Tanah yang tandus akan mengalami angin kencang yang membawa partikel-partikel besar dari tanah sehingga menyebabkan erosi tanah dan juga berdampak negatif pada kualitas udara. Tambahnya.

Apalagi sekarang kita menghadapi musim penghujan, jadi dengan penanaman pohon di bantaran sungai ini dapat bermanfaat untuk mencegah longsor akibat luapan air sungai. Manfaat penghijauan yang lainnya yaitu membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Pohon memainkan peran penting dalam memurnikan udara. Orang-orang yang tinggal di daerah dengan banyak pohon memiliki risiko lebih kecil menderita kondisi yang berhubungan dengan udara. Ini karena pohon dapat memurnikan karbon dioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis. Terangnya.

Tak lupa, Kodim 0701/Banyumas juga menghimbau masyarakat Banyumas agar selalu mentaati kebijakan pemerintah tentang protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu pakai masker jika melakukan kegiatan di luar rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang masih harus diwaspadai sampai dengan saat sekarang. Pungkasnya. Pendim 0701/Banyumas.

Sharing is caring!