Kodim Pemalang Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme

Pemalang – Dengan pesatnya perkembangan ilmu teknologi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal bahkan sampai menjadi tindakan/aksi terorisme secara nyata, maka dari itu Komando Distrik Militer (Kodim) 0711/Pemalang menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme Semester II Tahun 2021, bertempat di Aula Kwarcab Pramuka Kabupaten Pemalang Jl. Laksda Yos Sudarso No.16 A, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Kasdim Mayor Cpm Edi Nuryanto, S.Pd., Para Perwira jajaran, Sekretaris FKUB Pemalang Nur Efendi (Narasumber), Kasi Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Pertanian Kab. Pemalang Nursyam Ubaidi (Narasumber), dan diikuti oleh berbagai komponen masyarakat antara lain Aparat Pemerintah, TNI, Polri dan PNS, tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda serta Pelajar/Mahasiswa, dengan mengangkat tema “Meneguhkan Toleransi Mencegah Radikalisme Separatisme”

Dalam sambutannya Dandim Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M. Tr (Han) melalui Kasdim menyampaikan, perlu kita ketahui bersama tujuan dari kegiatan ini intinya adalah untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Lebih lanjut menurutnya, selain itu, kegiatan ini tentunya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI-Rakyat, hal ini untuk perkuatan pertahanan Negara aspek darat guna antisipasi masuknya paham radikalisme di wilayah Kodim 0711/Pemalang khususnya.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini mari kita samakan pemahaman dengan pemikiran sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka mempertahankan Ideologi Pancasila sebagai dasar Negara” tambah Kasdim.

Di Akhir sambutannya Dandim menghimbau, di tengah Pandemic Covid-19 saat ini patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hindari kerumunan dan kurang aktivitas di luar rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid -19, Pungkasnya

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan sesi foto bersama dan penyerahan secara simbolis tali asih serta coffe break dan dilanjutkan penyampaian beberapa materi antara lain Wawasan Kebangsaaan oleh Danramil 06/Bodeh Kapten Cba Supardi, SH., Wawasan Keagamaan oleh Sekretaris FKUB Pemalang Nur Efendi dan materi Kewirausahaan bidang pertanian oleh Dinas Pertanian Kab. Pemalang Muali., Pendim0711/Pemalang.

Sharing is caring!