Kodim 0703 Cilacap Gelar Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Tahun 2021

Cilacap – Guna memberi pengetahuan dan pembekalan kepada unsur aparat kewilayahan terkait tata ruang wilayah, Kodim 0703 Cilacap menggelar kegiatan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat Tahun 2021, bertempat di Aula Satya Kartika Kodim, Jln. Jenderal Sudirman, No.D-1 Cilacap, Selasa (21/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Saidin, para Danramil dan perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0703 Cilacap dan narasumber dari Dinas PUPR Kabupaten Cilacap Hamzah.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim 0703 Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo mengatakan sesuai UUD Tahun 1945 lebh rinci UU RI Nomor 3 Tahun 2002 dan UU RI Nomor 34 Tahun 2004, bahwa TNI AD merupakan komponen utama pertahana di darat dalam sistem pertahanan semesta.

TNI AD bersama komponen lainya harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada guna mengantisipasi akan adanya ancamam negara sehingga sewaktu waktu dapat dimobilisasi dan digunakan untuk kesemestaan dalam menghadapi ancaman tersebut.

Pendayagunaan wilayah dilaksanakan dengan mempersiapkan wilayah serta pembangunanya guna mendukung pertahanan negara. Salah satu pendayagunaan wilayah negara adalah penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di wilayah Kodim 0703 Cilacap agar selaras dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi/Kota/lebih khusus Kabupaten Cilacap,” katanya.

Lebih lanjut, sasaran yang ingin dicapai antaralain terwujudnya data tentang jenis tanah, bencana alam, curah hujan, pulau pulau, daerah tempur, pengembangan daerah belakang, daerah pangkal perlawanan, jumlah Koramil dan jumlah kecamatan serta luas daerah.

“Terwujudnya penyusunan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat yang meliputi konsep pengembangan daerah pertempuran, daerah komunikasi, daerah pangkal perlawanan dan daerah latihan,” tutupnya. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!