Danpusterad Tanam Pohon Dilokasi TMMD Desa Gerlang

Batang — Komandan pusat teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko melaksanakan penanaman pohon di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke- 112 Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Senin (20/9/21)

Penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan dari tim pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program TMMD Reguler Ke- 112 Tahun 2021.

Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko mengatakan, “Saya sudah keliling di Desa Gerlang, banyak potensi pertanian sayuran seperti, kentang, wortel, kol dan sayuran lainya. Ini investasi yang luar biasa, maka alamnya harus dipelihara dan dikoordinasikan dengan baik dengan stakeholder,” katanya

Danpusterad juga menghimbau agar warga Gerlang tetap memelihara alam sebagai investasi masa depan. Karena hampir sebagian besar hutannya sudah beralih fungsi menjadi tanaman sayuran.

”Sebaiknya, walaupun lepas dari hutan lindung. Saran kami untuk warga tetap memelihara daerah – daerah hutannya sebagai resapan air. Lereng dan bukit – bukit tinggi tanaman tegakannya jangan di tebang,” saran Teguh Arief.

Dijelaskannya, pohon tegakan disekitar hutan fungsinya untuk memilhara resapan air, sehingga secara otomatis sumber air yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpelihara dengan baik.

“Kalau hutannya gundul untuk jangka pendek tidak ada masalah. Tapi jangka panjangnya sumber airnya akan kering,” ungkapnya.

Ia berharap ada kesepakatan bersama antara perhutani, kehutanan dan warga menghijaukan kembali daerah sekitar hutan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana longsor di daerah pegunungan. Pendim 0736/Batang.

Sharing is caring!