Aparat TNI, BPBD dan Warga, Kerja Bakti Tangani Tanah Longsor di Desa Babakan Karangpucung

Cilacap – Babinsa Koramil 15/Karangpucung Pelda Cipto memimpin kegiatan Kerja Bakti warga masyarakat dalam rangka penanganan darurat tanah/tebing longsor di Desa Babakan, Kecamatan Karangpucung, Kamis (16/9/21)

Kegiatan dalam wujud Gotongroyong tersebut sebagai tindak lanjut penanganan kejadian bencana tanah longsor yang terjadi pada hari Selasa, tanggal 14 September 2021 yang lalu. Lokasi tanah longsor berada di Latitude -7.33980 dan Longitude 108.89485 dan menimpa rumah milik Maryono (45) warga Dusun Cadasmalang RT 20 RW 05 Desa Babakan Kecamatan Karangpucung.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Karangpucung bersama jajarannya, UPT BPBD Majenang, Babinsa Koramil 15 Karangpucung, Perangkat Desa Babakan dan Warga masyarakat Dusun Cadasmalangkurang lebih 45 orang.

Dijelaskan Babinsa Pelda Cipto, dalam kegiatan kerja bakti ini, warga masyarakat dan unsur yang terlibat bekerja keras saling bahu-membahu untuk membersihkan material tanah longsor yang menimpa rumah warga dengan cara menggunakan peralatan manual seperti cangkul, sabit, ember, karung plastik, kereta dorong dan lainnya.

“Material longsor pada tebing dibersihkan dan dipindahkan ke tempat yang lebih rendah atau aman dengan cara estafet demikian pula material tanah longsor yang mengenai bagian dapur dan juga puing-puing bangunan rumah yang mengalami kerusakan, juga dibersihkan sehingga harapannya, bisa segera dilakukan perbaikan,” Jelasnya.

Kondisi saat ini dapur rumah bapak Maryono sudah dibersihkan, pohon pohon besar yang berpotensi membahayakan sebagian juga sudah di tumbangkan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan logistik permakanan kepada keluarga terdampak dengan harapan bisa sedikit mengurangi beban dalam musibah ini,” terang Pelda Cipto.

Bagi warga masyarakat terutama yang berada di bawah sepanjang tebing agar selalu waspada dan hati hati terutama bila terjadi hujan deras. Dan bilamana terjadi hujan deras diupayakan menghindari tebing dan segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Peran serta warga sangat diperlukan, untuk tetap waspada dan berhati-hati, juga menjaga lingkungan, agar bencana kerusakan alam bisa diminimalisir,” Tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Maryono dan Pemerintah Desa Babakan mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pemerintah dan Koramil Kecamatan Karangpucung, dan pihak BPBD Kabupaten Cilacap atas respon cepatnya sehingga tanah longsor ini bisa segera diatasi. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah dengan cepat menangani musibah tanah longsor yang menimpa rumah kami. Dan juga bantuan yang diberikan. Sekali lagi, kami ucapkan banyak terima kasih,” Ucap Maryono.

Sementara itu, progres pembersihan material longsoran saat ini mencapai 30% dan akan dilanjutkan kembali besok. Di upayakan segera dilakukan penanganan permanen dengan pembangunan talud atau bronjong kawat untuk penahan tanah/tebing longsor di pemukiman warga RT 20 RW 05 Dusun Cadasmalang. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!