Permudah Registrasi, Pemkab Cilacap Luncurkan Aplikasi VIVACILACAP

Cilacap – Pemerintah Kabupaten Cilacap membuat terobosan baru guna memudahkan warganya dalam mendaftar vaksinasi dengan meluncurkan Aplikasi Vaksinasi Covid -19 “VIVACILACAP”, bertempat di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap Jln. Sudirman No. 32 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap. Jumat (30/7).

Peluncuran atau launching Aplikasi Vaksinasi Covid -19 “VIVACILACAP” dihadiri langsung Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Kasat Binmas Polres Cilacap AKP. Siswanto, S.H., M.H, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Cilacap Dwi Purnomo, Asisten 1 Sekda Kab. Cilacap Dian Setya Budi, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, Kadis Kominfo Cilacap Drs. M. Wijaya, M.M dan tamu undangan terkait.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan terkait Launching Aplikasi Pendaftaran Online Vaksinasi “VIVA CILACAP.”
Berkenaan dengan hal tersebut, dirinya secara pribadi dan atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dilaunchingnya Aplikasi Pendaftaran Online Vaksinasi VIVA CILACAP.

“Besar harapan, keberadaan aplikasi ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan nomor antrean pendaftaran vaksinasi tanpa harus berlama-lama mengantre di tempat pendaftaran. Artinya, dengan adanya aplikasi ini, diharapkan penumpukan antrean yang ada di loket pendaftaran dapat diatasi, sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih cepat dan efisien,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 pasal 8 dinyatakan bahwa Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan ketersediaan Vaksin Covid-19.

“Adapun yang ditetapkan sebagai kelompok prioritas penerima Vaksin Covid-19 yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan, masyarakat lanjut usia dan tenaga/petugas pelayanan publik; masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, ekonomi dan masyarakat lainnya,” tambahnya.

Pemerintah pusat pada Bulan Juli ini mentargetkan 1 juta vaksin per hari, dan selanjutnya pada bulan Agustus nanti akan ditingkatkan menjadi 2 juta vaksin per hari. Untuk itu saya mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk sama sama bekerja keras dalam mensukseskan program vaksinasi tersebut. Kita harus melakukan edukasi kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang benar, bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu jalan penting bagi kita agar pulih dan bangkit dari pandemi covid-19.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa sasaran vaksinasi di Kabupaten Cilacap sampai dengan tahap ini sebanyak 1.532.617 orang, sampai minggu ke 26 sudah divaksin dosis 1 sebanyak 166.051 orang dan dosis 2 sebanyak 104.906 orang.

Oleh karena itu, dengan adanya inovasi pendaftaran online vaksinasi VIVA CILACAP ini sangat membantu masyarakat dalam proses pendaftaran karena dapat dilakukan secara online melalui HP android maupun laptop/komputer yang terkoneksi dengan internet.

“Untuk itu, besar harapan saya dengan adanya kemudahan pendaftaran vaksinasi Covid-19 akan meningkatkan antusias dari masyarakat Kabupaten Cilacap untuk mengikuti vaksinasi, Saya berkeyakinan bahwa dengan melakukan vaksinasi Covid-19 dan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap akan berangsur menurun”, harap Bupati.

Senada dengan apa yang disampaikan Bupati, Dandim Cilacap menegaskan Launching Aplikasi Vaksinasi Covid -19 (VIVACILACAP) akan dimulai tanggal 01 Agustus 2021. Harapanya aplikasi ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan nomor antrean pendaftaran vaksinasi tanpa harus berlama-lama mengantre di tempat pendaftaran.

“Bahwa sasaran vaksinasi di Kabupaten Cilacap sampai dengan tahap ini sebanyak 1.532.617 orang, sampai minggu ke 26 sudah divaksin dosis 1 sebanyak 166.051 orang dan dosis 2 sebanyak 104.906 orang. Dengan Aplikasi ini, diharapkan penumpukan antrean yang ada di loket pendaftaran dapat diatasi, sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih cepat dan efisien,” Tegasnya. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!