TMMD Sengkuyung II Tahun 2021 Kodim Pemalang, Upaya Percepatan Pemerataan Pembangunan di Daerah

Pemalang – TNI Manunggal Membangun Desa (“TMMD”) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2021 Kodim 0711/Pemalang menjadi upaya percepatan pemerataan pembangunan di masa Pandemi Covid-19 ini. Apalagi di Kab. Pemalang yang memiliki wilayah cukup luas dengan cakupan 14 Kecamatan, 211 Desa dan 11 Kelurahan. Untuk itu, dibutuhkan peran serta semua komponen masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

Dalam sambutannya Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P. M. Han., menyampaikan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah suatu program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat fisik maupun non fisik, saat acara Penyerahan pekerjaan TMMD Sengkuyung II Tahun 2021, di Pendopo Curug Bengkawah desa Sikasur Kec. Belik Kab. Pemalang, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, adapun sasaran yang ingin dicapai adalah berkembangnya kesamaan visi dan misi antar aparatur pemerintah di daerah, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, meningkatnya wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara setiap warga masyarakat sesuai bidang profesi dan pengabdiannya masing-masing dan terwujudnya semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya sehingga terciptanya jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh dalam rangka menunjang terwujudnya kemanunggalan TNI rakyat, tutur letkol Irvan.

“TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2021 di kabupaten Pemalang akan dilaksanakan selama 30 hari, dari tanggal 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021 di desa Simpur kecamatan Belik dengan sasaran fisik pembangunan infrastruktur jalan dan sasaran non fisik penyuluhan bahaya narkoba, covid-19 serta sosialisasi Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro., tambahnya.

Di lokasi yang sama Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST., M.Si., mengapresiasi kepada jajaran TNI khususnya Kodim 0711/Pemalang yang secara konsisten membantu pemerintah Pemkab Pemalang dalam upaya percepatan pemerataan pembangunan melalui kegiatan Program TMMD.
Berkat TMMD yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama TNI, Polri, serta OPD terkait tersebut menjadikan percepatan pemerataan pembangunan di kabupaten Pemalang bisa berjalan cepat hingga ke pelosok desa. , guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

“Kita ingin seluruh desa di Kabupaten Pemalang semakin maju dan mandiri. Kita juga ingin kehidupan rakyat Pemalang semakin sejahtera. Pada akhirnya, melalui TMMD ini mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral untuk Pemalang yang semakin baik dan sejahtera. Kita ingin desa-desa di Kabupaten Pemalang makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin makmur sejahtera. Inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama. Pungkasnya.

Usai acara penyerahan tugas dilanjutkan paparan Danramil 11/Belik Kapten Arh Nasri tentang pelaksanaan program TMMD Sengkuyung tahap II TA 2021.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut antara lain Unsur Forkopimda., Kadispermasdes Kab.Pemalang Drs.Tutuko Raharjo M.Si., para Perwira Staf dan Danramil serta anggota jajaran Kodim 0711/Pemalang, OPD Kabupaten Pemalang, Forkopimca Belik. Pendim0711/Pemalang.

Sharing is caring!