Program TMMD Reguler ke 111 Sosialisasi Posbindu

Banjarnegara – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara bekerjasama dengan Kodim 0704/Banjarnegara menggelar Sosialisasi Stunting, Posyandu Dan Posbindu PTM dalam rangka Program TMMD Reguler ke 111 dengan tema TMMD wujud sinergi membangun negeri di Tribun Jenderal Soedirman Banjarnegara. Jumat (25/6/21).

Wiwi widyaningrum dari Dinkes kabupaten Banjarnegara menyampaikan bahwa Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang sering terdeteksi, karena tidak ada gejala maupun keluhan, seperti hipertensi, diabetes, atau gangguan jiwa.

“Biasanya ditemukan dalam tahap lanjut sehingga sulit disembuhkan dan berakhir kecacatan atau kematian dini’’, ungkapnya.

Hal tersebut , dapat menimbulkan beban pembiayaan yang besar bagi penderita, keluarga dan negara. PTM dapat dicegah melalui pengendalian faktor risiko yaitu merokok, kurang aktivitas fisik, diet yang tidak sehat, dan konsumsi alkohol.

Peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM.
Peningkatan kesadaran, dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM.Pemberdayaan dan peran serta masyarakat ini terwadahi dalam pelayanan yang dikenal dengan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) PTM.

Oleh karena itu, sasaran Posbindu cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 Tahun keatas baik dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM Bekerjasama dengan program TMMD Reg 111 menyelenggarakan sosialisasi dan pelayanan dengan maksud sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan tujuan pelayanan Posbindu PTM ini. Pendim 0704/Banjarnegara.

Sharing is caring!