Peringati Harganas Ke-27, TNI Gandeng Dinas Kesehatan Gelar Program KB Kes

Cilacap – Peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2021, Kodim Cilacap melalui Jajarannya gandeng petugas kesehatan yang ada di wilayahnya melaksanakan kegiatan KB Kesehatan. Salah satunya di wilayah Kecamatan Cilacap Tengah tepatnya di Pustu (Pusat kesehatan terpadu) Kelurahan Kutawaru, Selasa (22/6/21).

Dalam kegiatan ini, kegiatan didampingi Anggota TNI Koramil 01/Cilacap yang dipimpin Serma Puryanto, Lurah Kutawaru Slamet A.Md, Babinsa Kutawaru Sertu Dalmuji Zain, Babinkamtibmas Aiptu Setyana, Koordinator PLKB Sugiyanto, Koordinator PLKB Kelurahan Kutawaru Veni, Tim Medis Kecamatan Cilacap Tengah dan Bidan Kelurahan Kutawaru, Nur.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta KB Kesehatan merasa terbantu dengan adanya program ini. Hal tersebut diungkapkan Lurah Kutawaru Slamet A.Md. Menurutnya, selain dari kesadaran masyarakat Kutawaru, program ini juga menarik minat warga untuk hidup sejahtera dengan dua anak saja cukup.

“Hal ini juga dikarenakan adanya pendampingan dan arahan dari Babinsa dan Bidan kelurahan serta petugas Puskesmas Cilacap Tengah yang selalu memotifasi setiap kesempatan dan kegiatan di masyarakat,” Ungkap Slamet.

Dalam program pendampingan ini, Babinsa berhasil mengumpulkan akseptor KB dengan jumlah 13 orang yang terdiri dari peserta KB Implan sebanyak 10 orang, IUD 2 orang dan STIK 1 orang.

Danramil 01/ Cilacap melalui Serma Puryanto menegaskan agar para Babinsa masing-masing kelurahan dapat menggandeng lurah beserta perangkat serta Bidan kelurahan serta Instansi terkait lainnya untuk menyukseskan program KB guna membantu pemerintah mensukseskan dan mengendalikan jumlah penduduk sehingga bisa menambah taraf hidup masyarakat yang lebih sejahtera.

“Program KB merupakan bagian yang terpadu dalam pembangunan Nasional yang bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan penduduk, ekonomi, sosial dan budaya. Untuk itu para Babinsa Jajaran Kodim Cilacap akan terus mengajak seluruh warga di desa binaannya untuk mendukung program dari pemerintah ini,” Pungkasnya. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!