Fenomena Langka, Hujan Es Turun di Purbalingga

PURBALINGGA – Fenomena langka terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Purbalingga, yaitu adanya hujan deras disertai angin kencang dengan disertai butiran es yang turut turun dalam kejadian ini.

Kejadian ini seperti diungkapkan oleh Koptu Askur Babinsa Koramil 01/Purbalingga, terjadi di wilayah Kelurahan Kedungmenjangan, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, yang menjadi wilayah binaannya.

“Terjadi pada Sabtu, (19/6/2021) sekira pukul 14.30 WIB. Awalnya cuaca pagi cerah namun tiba-tiba turun hujan deras disertai angin kencang dan ada butiran es yang juga nampak berjatuhan,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi kerugian maupun korban dengan adanya fenomena ini dirinya menuturkan tidak ada korban jiwa namun dampak dari angin kencang beberapa seng rumah warga berterbangan dan beberapa pohon tumbang.

“Kerugian jiwa nihil namun banyak rumah warga yang sengnya berterbangan akibat angin kencang dan ada beberapa tempat terdapat pohon tumbang,” katanya.

kejadian serupa juga turut dilaporkan Sertu Sumardi Babinsa Koramil 01/Purbalingga untuk Kelurahan Bojong.

“Hujan yang turun sangat deras dan terjadi tiba-tiba serta disertai angin kencang dan ada fenomena langka ikut turunnya butiran es saat hujan turun,” ungkapnya.

Adanya kejadian yang menimpa warga ini Kapten Cba Sutarmo selaku Danramil 01/Purbalingga segera memerintahkan anggota untuk turun di lapangan membantu masyarakat.

“Kami turunkan Babinsa kami untuk membantu masyarakat terutama pembersihan pohon tumbang yang menutup beberapa akses jalan di wilayah Kelurahan Bojong dan Kedungmenjangan,” katanya. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!