Dandim Purbalingga Usulkan Dapur Umum dan Tanda Bagi Rumah Isolasi

PURBALINGGA – Adanya dua desa di Kabupaten Purbalingga yang melaksanakan lockdown mandiri skala kecil yaitu Desa Manduraga Kecamatan Kalimanah dan Desa Brecek Kecamatan Kaligondang akibat ditengarai adanya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi pada beberapa warga. Kondisi tersebut membuat keprihatinan berbagai pihak khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Purbalinga.

Salah satunya Dandim 0702/Purbalinga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han yang kemarin, Kamis, (24/6/2021) bersama rombongan Bupati Purbalingga dan unsur Forkopimda serta pejabat Kabupaten Purbalingga lainnya meninjau dua desa tersebut. Dandim mengingatkan perlunya pengetatan protokol kesehatan di masyarakat agar lebih ditingkatkan kembali.

“Situasi yang ada saat ini diperlukan ekstra peningkatan kesadaran dan kedisiplinan diri untuk lebih mematuhi protokol kesehatan, jadikan protokol kesehatan sebagai gaya hidup bukan justru malah menjadi keterpaksaan,” tegasnya.

Bagi dua desa yang melaksanakan lockdown mandiri skala kecil, Dandim juga mengusulkan adanya dapur umum yang dikelola relawan, PKK desa maupun pihak lainnya dari luar. Selain itu, sebagai tanda di setiap rumah yang dijadikan tempat isolasi mandiri agar diberi tanda khusus.

“Tanda khusus bisa dengan memasang bendera merah putih di rumah yang melakukan isolasi mandiri ataupun pihak desa menyiapkan stiker khusus,” ungkapnya.

Dia menekankan agar Babinsa Kodim 0702/Purbalingga lebih berperan aktif dalam pelaksanaan penegakkan PPKM mikro di wilayah desa binaannya masing-masing. Ia berharap pandemi bisa segera berakhir sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

“Pengawasan memang harus terus dilakukan khususnya para Babinsa yang berada di wilayah. Kita terus berupaya agar kasus covid ini tidak meningkatkan,” pungkasnya. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!