Dandim Batang Sidak Posko Covid- 19 Koramil Jajaran

Batang — Menindak lanjuti hasil rapat bersama Forkopimda yang di laksanakan hari Kamis kemarin di ruang Abirawa kantor bupati Batang. Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Arh. Yan Eka Putra melaksanakan kunjungan kerja ke Koramil jajaran Kodim 0736 Batang. Kamis (10/6/21) sore.

Seperti halnya yang dikatakan Bupati Batang Wihaji pada kegiatan pengecekan rumah sakit darurat Covid-19 dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid- 19. Rumah sakit darurat sebagai langkah antisipasi, jangan sampai terjadi tidak antisipatif. Pendirian rumah sakit darurat merujuk dari pengalaman daerah lain yang mengalami peningkatan kasus”.

“Ini langkah mitihasi kita, seandainya terjadi lonjakan, semuanya sudah menyiapkan rumah sakit darurat, petugas dan para medisnya dan support oleh Kodim 0736 Batang dan Polres Batang “.

Sidak yang dilaksanakan Dandim Batang, merupakan bentuk tugas dan tanggung jawabnya kepada negara khususnya dalam hal penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Batang.

Dalam kunjungan tersebut Letkol Arh. Yan Eka Putra menyampaikan bahwa kita harus ikut mensukseskan program pemerintah dalam penanganan Covid-19. Ajak instansi terkait seperti dinas kesehatan, perangkat desa, PPRT serta lainnya.

“Tugas Babinsa kedepan akan lebih berat, maka dari itu setiap Babinsa harus tau kondisi di lapangan. Tak hanya mengetahui situasi kondisi desa, juga harus mengetahui perkembangan data keadaan desa. Sekarang juga harus mengetahui data perkembangan Covid-19, mana saja wilayah yang masuk zona kuning, zona oranye ataupun zona hijau”, Katanya.

Kemudian Dandim juga berharap, Semua posko yang ada di Koramil jajaran Kodim 0736/Batang agar memaksimalkan pengumpulan data terkait covid- 19. Setiap Babinsa harus tahu perkembangan, seperti jumlah masyarakat yang terpapar, isolasi mandiri dan juga yang sudah sembuh”, harapnya

Diterangkannya Dandim Batang, Bahwa diwilayah kabupaten Batang sendiri ada tiga rumah sakit rujukan, antara lain RSUD Batang, RS QIM dan RS Limpung. Mengantisipasi lonjakan covid- 19, Dandim mengarahkan agar Koramil jajaran Kodim Batang, anggota TNI AD khususnya Babinsa agar bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan dalam penyiapan tempat atau rumah sakit darurat yang terpusat di wilayah kecamatan untuk menampung warga yang terpapar Covid-19 apabila terjadi lonjakan warga yang terpapar Covid-19”, Terangnya.

“Jagalah kondisi kesehatan anggota semua terkait covid-19, jaga 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas). Apabila selesai melaksanakan tugas dan kembali ke rumah langsung mandi, bersihkan diri, pakaian, peralatan yang kita pakai. Kasihani keluarga istri dan anak – anak”, tambah Letkol Arh Yan Eka Putra Pendim 0736/Batang.

Sharing is caring!