Babinsa Bersama Warga Kerja Bakti Cor Jalan dan Perbaiki Saluran Drainase

Cilacap – Babinsa Jambusari Koramil 02/Jeruklegi Serma Sutardi bersama warga masyarakat setempat, melaksanakan kerja bakti pengecoran jalan desa yang rusak akibat drainase yang tidak berfungsi. Kegiatan kerja bakti tersebut dikerjakan di Dusun Karang Anyar RT 1/1 Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Minggu (13/6/21).

Selain Babinsa, kegiatan tersebut juga dimotori oleh Kadus Karang Anyar Adi, Ketua RW 01 Suhartono, Ketua RT se Kadus Karang Anyar serta diikuti oleh warga masyarakatnya.

Dalam kegiatan ini, tampak Babinsa bersama warga saling bahu membahu dalam melaksanakan pengecoran jalan yang rusak. Tanah yang sudah menumpuk di saluran drainase sebagai salah satu penyebab rusaknya jalan desa, diangkat agar saluran kembali normal.

“Beberapa hari ini terjadi turun hujan, namun air yang turun menggenangi jalan desa karena saluran drainase terjadi pendangkalan. Hal ini yang menyebabkan jalan rusak sehingga pada hari ini kita bersama warga desa kerja bakti memperbaiki jalan dan juga saluran drainase,” tutur Serma Sutardi.

“Selain itu, air yang naik ke permukaan jalan sangat membahayakan pengguna jalan, dan bisa berakibat terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Serma Sutardi juga menjelaskan, selain ikut dalam melaksanakan pembangunan fasilitas di desa binaan, kegiatan ini menjadi sarana Babinsa untuk lebih erat hubungan silaturahminya dengan warga binaan sehingga memperkuat kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Selama ini, pelaksanaan kegiatan gotong royong antara warga dan TNI sudah terjalin dengan baik. Bahkan, kegiatan gotong royong dalam bermasyarakat sudah menjadi tugas Babinsa di desa binaan, dan hal ini merupakan upaya mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat,” Jelasnya.

Hal ini dibenarkan Adi. Selaku Kadus Karang Anyar, dirinya selalu terbantu tatkala Babinsa hadir didalam setiap kegiatan apapun didesanya. Kehadirannya menjadi motifator warga untuk lebih giat dalam kegiatan kemasyarakatan seperti ronda, kerja bakti dan lainnya

“Kita selaku Aparat desa selalu terbantu dengan keterlibatan Babinsa didalam setiap kegiatan di desa Hal ini penjadi penggerak warga lainnya untuk lebih giat, terbukti pada hari ini, pengecoran jalan dan perbaikan drainase diikuti sangat antusias oleh warga sehingga dengan cepat pengerjaan jalan ini selesai” Ucap Adi. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!