Babinsa Bersama Petugas Kesehatan Fogging Wilayahnya

Cilacap – Lancarkan jalannya penyemprotan, Babinsa Koramil 13/Majenang Pelda Mugianto dampingi Petugas Kesehatan melaksanakan penyemprotan atau pengasapan (Fogging) untuk memberantas jentik nyamuk demam berdarah (DBD) di Dusun Bangunsari dan Dusun Bantareja, Desa Pahonjean Kecamatan Majenang, Senin (14/6/21).

Pengasapan atau Fogging ini merupakan program rutin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap di Tahun 2021. Jenis obat untuk memberantas nyamuk demam berdarah adalah Obat Zeta. Dalam kegiatan ini, dihadiri langsung Ketua Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Kuat Supriyadi, Kepala UPTD Puskesmas 2 Nunung Tri Susilowati, S.Si.T, M. Tr. Keb., Babinsa Pelda Mugianto dan Kepala Desa Pahonjean Heri Sudiono.S.IP. beserta para Pengurusnya.

Sebelum penyemprotan, warga dihimbau menutup makanan atau diamankansupaya tidak terkena obat semprot, warga juga dianjurkan keluar rumah demi keamanan. Guna mempermudah pelaksanaan penyemprotan, pintu rumah juga harus dibuka. Penyemprotan dilaksanakan oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

“Selain penyemprotan ini, kita bersama petugas dari Puskesmas juga menghimbau warga untuk merapikan barang barang bekas yang tidak digunakan agar tidak menjadi sarang nyamuk, membersihkan bak kamar mandi atau penampungan air lainnya dan agar tidak menggantungkan baju bekas pakai,” Ucap Pelda Mugianto.

Terkait kegiatan ini, Kepala UPTD Puskesmas 2 Nunung Tri Susilowati, S.Si.T, M. Tr. Keb., mengatakan, kegiatan Fogging ini merupakan program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap yang rutin dilaksanakan di seluruh wilayahnya.

“Kasus demam berdarah seringkali muncul dan nenimpa warga dan kegiatan ini sebagai langkah untuk memberantas jentik atau sarang nyamuk demam berdarah. Tentunya hal ini juga harus diimbangi oleh warga agar selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya,” Kata Nunung Tri Susilowati. Pendim 0703/Cilacap.

Sharing is caring!