Alasmalang Kemranjen Menjadi Peserta Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19

Banyumas – Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan kita bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Seiring majunya tingkat pemikiran masyarakat serta kemajuan teknologi di segala bidang kehidupan, maka tingkat kesadaran untuk memiliki lingkungan dengan kondisi bersih seharusnya ditingkatkan dari sebelumnya. Beragam informasi mengenai pentingnya lingkungan dengan kondisi bersih serta sehat dapat diketahui melalui media cetak dan online.

Guna mengikuti lomba lingkungan bersih dan sehat pada masa pandemi Covid-19 tingkat kabupaten Banyumas, Muspika Kemranjen menggelar rapat untuk mempersiapkan desa Alasmalang kecamatan Kemranjen kabupaten Banyumas sebagai perwakilan dari wilayah kecamatan Kemranjen, di aula desa Alasmalang. Kamis 10/06/2021.

Rapat dipimpin oleh Dwi Irawan Sukma STP., M.Hum., (Camat Kemranjen) serta di hadiri Kapten Inf Sentot Priyanto (WS. Danramil 11/Kemranjen), dr. Amir Fuad (Ka puskesmas kemranjen 2), Katam (Kades Alasmalang), Sertu Jiono (Babinsa Alasmalang), Bripka Sidiq (Bhabinkamtibmas Alasmalang), ketua PKK kecamatan Kemranjen, ketua PKK desa Alasmalang dan kader kesehatan desa.

Dalam sambutannya Dwi Irawan Sukma STP., M.Hum., (Camat Kemranjen) menginformasikan bahwa desa Alasmalang terpilih menjadi wakil dari kecamatan Kemranjen untuk mengikuti lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat kabupaten Banyumas. Karena lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat maupun di air. Lingkungan terdiri dari dua komponen biotik dan abiotik. Lingkungan Bersih dan Sehat adalah upaya untuk menciptakan kondisi bersih dan sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah.

Keberhasilan ini, tentunya tidak terlepas dari keberhasilannya meningkatkan partisipasi dan swadaya warga dalam meningkatkan kualitas lingkungannya. Karena sejatinya, lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir lomba, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah harapan tercipatnya kebersamaan dan kepedulian masyarakat yang bersinergi dengan aparatur pemerintah yang berkesinambungan. Kegiatan lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ini merupakan salah satu upaya kita untuk memotivasi dan mengukur kepedulian masyarakat terhadap kualitas lingkungannya.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., melalui WS Danramil 11/Kemranjen Kapten Inf Sentot Priyanto menyampaikan kesehatan lingkungan hakekatnya adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya suatu keadaan yang optimal. Menjaga lingkungan yang bersih dan sehat merupakan suatu upaya pencegahan penyakit berbagai gangguan kesehatan, khususnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan yang tidak bersih dan sehat.

Tujuan lain dari diadakan lomba lingkungan bersih dan sehat ini adalah dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat pada masa pandemi dan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 menuju masyarakat yang sehat. Tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 5 M , yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Pungkasnya. Pendim 0701/Banyumas.

Sharing is caring!