PANTAU PEMAKAMAN COVID 19 DI WILAYAH BINAAN, BABINSA TERAPKAN PROKES

Babinsa Koramil 16/Rawalo Kodim 0701/Banyumas, Sertu Sumardi melaksanakan pendampingan pemakaman warga dengan protokol Covid-19 di TPU Blaran Desa Sanggreman Kec. Rawalo Kab. Banyumas. Jumat (28/5/2021) dini hari.

Perempuan yang berinisial CR (81) ini dinyatakan meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19 oleh pihak Rumah Sakit Ajibarang setelah mendapatkan perawatan intensif sejak Kamis (27/05) lalu, setelah mengalami nyeri dada karena adanya penyakit jantung yang dideritanya. Setelah sebelumnya berobat di Puskesmas Rawalo, kemudian di rujuk ke RS Ajibarang untuk mendapatkan perawatan lebih baik.

Setelah dirawat di RS Ajibarang, karena fisiknya lemah langsung di rawat inap. Pada hari kamis (27/5) hasil swab keluar dan pasien dinyatakan positif terkonfirmasi Covid 19. Setelah dinyatakan meninggal dunia, pukul 02.15 wib almarhumah langsung di bawa ke TPU Blaran dan langsung dimakamkan oleh Tim BPBD Kab. Banyumas.

Kepala desa setempat, Wito Setiadi, yang hadir dalam prosesi pemakaman menuturkan, bahwa warganya tersebut pada Kamis (27/05) lalu mengeluh nyeri dada dengan kondisi badan lemas (drop).

“Oleh pihak keluarga, almarhumah dibawa ke Puskesmas Rawalo untuk dilakukan pengobatan, tetapi akhirnya di rujuk ke RS untuk mendapatkan perawatan lebih baik” ujar Wito.

Setelah mendapatkan perawatan, tepatnya pada Jumat dini hari, pukul 02.15, CR (81) dinyatakan meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19, sehingga pemakaman dilakukan sesuai prosedur yang ada.

Sementara Babinsa Sertu Sumardi, dalam kesempatan itu menghimbau kepada pihak keluarga yang ikut dalam prosesi pemakaman untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan masker dan menjaga jarak dengan yang lain.

Selain itu, Babinsa ini meminta kepada pihak Puskesmas Rawalo, untuk segera melakukan tracking dan tracing secepatnya, guna mengantisipasi penyebaran virus di Desa Sanggreman.

Tak hanya itu, Babinsa juga meminta pihak Pemdes Sanggreman untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar kediaman almarhumah.

“Baik tracing maupun penyemprotan, saya sebagai Babinsa akan mendampingi dan membantu. Karena ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawab saya sebagi Babinsa,” tegas Sertu Sumardi. Pendim 0701/Banyumas.

Sharing is caring!