Kodim 0701/Banyumas Ikuti Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Ketupat Candi Tahun 2021 Polresta Banyumas

Banyumas – Kombes Pol Firman Lukmanul Hakim S.H.,M.H.,MSi., (Kapolresta Banyumas) pimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi ketupat candi tahun 2021 Polresta Banyumas yang mengambil tema ”Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H Tahun 2021” yang diselenggarakan di halaman belakang Mapolresta Banyumas kelurahan Purwanegara kecamatan Purwokerto Utara kabupaten Banyumas. Rabu 05/05/2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Letkol Inf Candra, SE, M.I. Pol (Dandim 0701/Banyumas), AKBP Kristianto yoga Darmawan SIK MSi (Wakapolresta Banyumas), Mayor CPM Mirgo Winasis (Wadandenpom IV/1 Purwokerto), Kompol Agus (Kabag Ops Polresta Banyumas), Kompol Aldino (Kasat Sabhara Polresta Banyumas), Kompol Sulistyo Dwi Cahyono (Kasat Intelkam Polresta Banyumas), Kompol Mugiman (Kabagsumda Polresta Banyumas), Kompol Bery (Kasatreskrim Polresta Banyumas), Lettu Inf Nurkolis (Pasi Ops Kodim 0701/Banyumas), Iwan Yuliyanto (Kasi Dal Ops Dishub Kab. Banyumas).

Dalam sambutannya Kombes Pol Firman Lukmanul Hakim S.H.,M.H.,MSi (Kapolresta Banyumas) menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Kasus Covid-19 harus kita waspadai berkaca pada gelombang penyebaran Covid-19 yang terjadi di luar negeri. Sebagai contoh di India, terjadi penambahan kasus baru hingga mencapai 400.000 kasus dan angka kematian mencapai 3.500 kasus dalam sehari. Hal ini disebabkan kelengahan masyarakat terhadap protokol kesehatan.
Mencegah terjadinya peningkatan penyebaran Covid- 19 menjelang, pada saat, dan pasca hari Raya Idul Fitri 1442 H, dengan langkah sebagai berikut, mendirikan posko terpadu bersama dengan Satgas Covid-19 dan stakeholder lainnya terkait yang memiliki kelengkapan pemeriksaan swab antigen dan ruang isolasi sementara, lakukan koordinasi dengan satgas Covid-19 dan pengelola gedung untuk membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas yang ada, lakukan patroli gabungan secara periodik untuk memastikan tidak terjadi kerumunan di sentral perekonomian dan keramaian, sekaligus lakukan himbauan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. tambahnya.

Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442 H. pungkasnya. Pendim 0701/Banyumas.

Sharing is caring!