85 Orang Petani Desa Krangean Terima Kartu Tani

PURBALINGGA – Dibidang pertanian, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, salah satunya melalui program Kartu Tani yang terus mengalami penyempurnaan dalam implementasi penggunaannya. Kementerian Pertanian ke depan juga akan mendistribusikan pupuk bersubsidi, oleh karena itu secara bertahap penyebaran Kartu Tani terus dilakukan agar segera tercapai target distribusinya seperti yang dilaksanakan kepada 85 orang petani di Desa Krangean, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga.

Melalui petugas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kertanegara yang dihadiri langsung oleh Kisno, S.P selaku kepalanya, dengan didampingi petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) desa tersebut, sosisalisasi tentang Kartu Tani kepada 85 orang petani serta tata cara penggunaaannya dilakukan, (31/5/2021).

“Kami bagikan ke petani dengan terlebih dahulu kita laksanakan sosialisasi dan tata cara pengunaannya,” ungkapnya.

Kisno juga menambahkan melalui Kartu Tani ini nantinya akan banyak manfaat yang didapat oleh petani khususnya penerima pupuk bersubsidi, karena Kartu Tani ini juga berfungsi sebagai identitas diri petani, sarana menabung, serta salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna pembiayaan pertanian, terlebih ditahap awal ini kartu tani berfungsi untuk membantu pendistribusian pupuk bersubsidi.

“Melalui kartu ini akan by name by addres sehingga para petani dapat mudah memperoleh salah satunya pupuk bersubsidi sesuai jatahnya karena tercatat sehingga tidak khawatir terjadi penyelewengan,” harapnya.

Di tempat yang sama Serka Ratman selaku Babinsa Posramil Kertanegara Koramil 12/Karanganyar untuk Desa Krangean yang turut hadir memantau kegiatan ini menuturkan adanya Kartu Tani ini diharapkan produktifitas pertanian dapat meningkat dan petani menjadi sejahtera.

“Salah satunya sebagai akses untuk mendapatkan jatah bantuan pupuk bersubsidi sehingga diharapkan hasil pertanian meningkat sehingga kesejahteraan petani juga turut meningkat,” ungkapnya. Pendim 0702/Purbalingga.

Sharing is caring!