Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Padamara Melaksanakan Swab Test pada Warga Desa Kalitinggar Kidul

PURBALINGGA—Adanya warga yang terkomfirmasi positif Covid-19 membuat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Padamara melaksanakan Swab Test kepada beberapa warga di Desa Kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga (8/9/2020).

Kegiatan ini sebagai upaya untuk memutus penyebaran Covid-19 dan sekaligus memberikan warning kepada masyarakat agar lebih waspada dengan harapan dapat lebih meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan kepada diri dan keluarganya.

Hadir dalam kegiatan Swab Test ini diantaranya, Kepala Puskesmas Padamara Subagyo beserta Staf dan tenaga medis, Perangkat Desa Kalitinggar Kidul, Babinsa Koramil 03/Kalimanah untuk Desa Kalitinggar Kidul Serka Sudirman dan Bhabinkamtibmas Desa Kalitinggar Kidul.

Seperti diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Padamara Subagyo,’’ Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kecamatan Padamara khususnya di Desa Kalitinggar Kidul, karena salah satu warga Desa Kalitinggar Kidul ada yang terkomfirmasi positif Covid-19. Warga yang mendapatkan prioritas melaksanakan Swab Test ini adalah keluarga atau yang berhubungan kontak lansung dengan pasien Covid-19 sesuai hasil tracking. Adapun yang akan melaksankan Swab Test kali ini adalah keluarga dari pasien yaitu So (47), Na (24), Ri (19), An (15) dan Mna (5), untuk hasil menyusul karena hasil sample test akan dikirim ke RS Sarjito Yogyakarta dan biasanya 14 hari baru akan turun hasilnya, selanjutnya baru akan kita sampaikan mudah-mudahan tidak ada penambahan kasus positif,’’ ungkapnya.

Turut diungkapkan oleh Serka Sudirman selaku Babinsa,” kegiatan ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat dimohon tidak panik, hanya cukup meningkatkan protokol kesehatan, selaku Babinsa sudah menjadi tugasnya untuk memonitor kondisi wilayah binaan, tentunya bersama unsur lainnya di desa agar kita semua terbebas dari ancaman Covid-19,’’ terangnya.

Dalam kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar, petugas yang melaksanakan Swab Test juga melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, diantaranya menggunakan APD, masker dan mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer serta menjaga jarak atau personal distancing. (Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!