Seminar Pemanfaatan Obat Tradisional Di Buka Dandim 0704/Banjarnegara

Banjarnegara – Kodim 0704/Banjarnegara bersama Rumah Sakit Islam Banjarnegara menyelenggarakan Seminar bersama dalam rangka Pemanfaatan Obat Tradisional Di Era Pandemi Covid 19 di buka langsung Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal,S.T., M.Han, didampingi Direktur RSI Banjarnegara dr. Agus Ujianto, MSi Med, Sp.B bertempat di Aula Makodim. Selasa (30/09).

“Hari ini kita melaksanakan seminar untuk memanfaatkan tanaman tradisional, kita tahu kita masih dilanda pandemi covid 19 khususnya di Banjarnegara ini, sehingga kita butuh bagaimana meningkatkan imun kita, gimana cara meningkatkan imun dengan mematuhi protokol kesehatan selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh melalui asupan gizi beserta menjaga kebugaran tubuh”, jelas Dandim Letkol Arh Sujeidi.

Oleh karena itu hari ini Kodim 0704/Banjarnegara bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Banjarnegara mencoba menggali potensi potensi apa yang bisa kita manfaatkan, pertama memanfaatkan lahan lahan baik di lingkungan masyarakat maupun di perkantoran Koramil Koramil di wilayah Kodim 0704/Banjarnegara, kita melibatkan koramil dengan jajarannya karena kita ketahui bahwa Babinsa yang berperan langsung terhadap masyarakat.

Diharapkan “Babinsa bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan lahan untuk tanaman obat obatan, di luar negeri saja contoh di Korea Selatan ginseng. Kita di Indonesia ini khususnya Banjarnegara mempunyai lahan yang sangat subur kita bisa tanam apa saja yaitu jahe, kunyit itu bisa dimanfaatkan untuk tanaman obat obatan, belajar pengalaman nenek moyang kita leluhur kita pengobatan dilakukan secara tradisional dengan memanfaatkan tanaman tanaman untuk menambah daya tahan tubuh dan juga bisa untuk mengobati, sehingga harapan nya dengan kegiatan ini kita memberikan contoh kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tanaman obat obatan”,imbuh Dandim.

Direktur RSI Banjarnegara dr. Agus Ujianto, MSi Med, Sp.B menyampaikan ditengah pandemi covid 19 ini semua masyarakat untuk mengaktifkan semua potensi, Kemudian undang undang kedokteran tradisional terintegrasikan sudah disahkan pemerintah, ditambah lagi menteri kesehatan sudah menyarankan bahwasanya semua pengobatan tradisional juga harus diteliti sebelum dilaksanakan, Kami di daerah khususnya Banjarnegara dengan kondisi geografis alam yang sangat subur tentunya tanaman obat bisa tumbuh baik disini, Kami Rumah Sakit Islam Banjarnegara menyediakan lahan dan begitu juga lembaga menyediakan dan nantinya bekerja sama dengan Kodim 0704/Banjarnegara kita akan kembangkan sampai tingkat Koramil dan seluruh Kecamatan di Banjarnegara

Harapan “Kami dengan dikawal dengan Danramil dan Babinsa maka semua potensi tanaman obat di Banjarnegara bisa terkoordinasi, maka semua potensi tanaman obat di daerah Banjarnegara bisa terkordinasi dan terkoordinir bahkan nanti kita tingkatkan produksi bahkan distribusinya”,ungkapnya. Pendim Bna.

Sharing is caring!