Satu Petani Desa Kalinusu Bumiayu Yang Bangga Akses ke Sawah di Bangun TNI

Brebes – Adalah Dahlan (68), petani asal Dukuh Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan TNI Kodim 0713 Brebes, yang saat ini sedang melakukan pembangunan infrastruktur melalui TMMD Reguler 109.

“Senang sekali karena jalan setapak menuju ke sawah/ladang, sedang dibangun TNI, akan memangkas ongkos angkut panen secara dipikul,” ujarnya, Selasa (115/9/2020).

Selain itu menurutnya, TMMD Reguler akan menjawab harapan para petani yang merupakan profesi mayoritas di Kalinusu, karena kedepan akan dimanjakan dengan akses jalan 1,6 kilometer (RAB), dan bahkan 2,2 kilometer selebar 4-6 meter.

Untuk itulah dirinya mewakili 8.448 jiwa atau 2.664 KK, sekali lagi mengucapkan terima kasih, karena jalan setapak yang setiap hari dilaluinya untuk menggarap sawah/ladang, sebentar lagi akan menjadi jalan yang bagus dan bisa dilalui kendaraan bermotor dengan lebar tersebut.

Diketahui, pekerjaan fisik TMMD lainnya yakni pembuatan talud di kanan-kiri jalan sepanjang 2.750 meter tinggi 0,5 – 1,5 meter, pemuatan 3 unit plat deker dan 1 init gorong-gorong.

Jalan TMMD memang dikhususkan untuk membuka salah satu dusun yang terisolasi dengan 12 dusun lainnya di Kalinusu (Dusun Kedung Kandri). Pasalnya, selama 100 KK disana harus menyeberangi Kali Pemali dengan rakit dan kemudian memutar melewati sejumlah desa di kecamatan tetangga (Bantarkawung) hanya untuk menuju ke Balai Desa Kalinusu untuk mendapatkan pelayanan. Pendim Bbs.

Sharing is caring!