LESTARIKAN BUDAYA DAERAH, KODIM BANYUMAS GELAR FESTIVAL PENCAK SILAT

Banyumas – Kodim 0701/Banyumas menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif Festival Pencak Silat bertempat di Aula Makodim 0701/Banyumas. Rabu (09/09/2020).

Kegiatan Komsos kreatif ini bertema “Membentuk sumber daya manusia (SDM) kreatif, inovatif dan adaptif”.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol yang diwakili Kapten Inf Untung Nugroho Adi (Danramil 08/Kalibagor) dalam sambutannya mengatakan, pencak silat merupakan beladiri asli Indonesia yang menjadi warisan leluhur kita yang telah mendunia, makanya perlu kita dilestarikan.

“Mari kita tingkatkan prestasi pencak silat ini sebagai olah raga beladiri didaerah hingga ke tingkat nasional bahkan dunia,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Komsos kreatif pencak silat digelar dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI dengan masyarakat umum maupun pelajar dalam rangka berpartisipasi dibidang pertahanan negara.

Mengakhiri sambutanya, Dandim menyampaikan tradisi pencak silat bukan hanya sekedar bela diri, namun juga menjadi bagian dari jalan hidup bagi para pelakunya karena pencak silat juga mengajarkan manusia untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhannya, sesama manusia dan lingkungan.

“Saya harap dengan Komsos kreatif pencak silat ini kita terus tingkatkan dan melestarikan olah raga bela diri ini untuk mengangkat budaya kita sendiri didaerah,” pungkasnya.

Adapun sebagai juara festival Pencak Silat Tradisional dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif Tahun Anggaran 2020 Kodim 0701/Banyumas adalah Juara I SH Terate, Juara II Merpati Putih dan Juara III Pajajaran Indonesia. (Pendim 0701)

Sharing is caring!