KODIM 0701/BANYUMAS GELAR KOMSOS DENGAN KBT

Banyumas – Kodim 0701/Banyumas menggelar acara komunikasi sosial (Komsos) dengan Keluarga Besar TNI (KBT) Tahun Anggaran 2020 di 0701/Banyumas. Rabu (15/9/2020).

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol dalam sambutannya mengatakan, komunikasi sosial tersebut selalu dilaksanakan keluarga besar TNI untuk menumbuhkan kebersamaan sehingga bisa membantu tugas pokok TNI AD dalam mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komunikasi sosial tersebut juga bertujuan untuk meneguhkan kembali komitmen keluarga besar TNI dalam rangka mempererat kesatuan dan persatuan antar komponen yang selama ini menjadi binaan TNI.

Lebih lanjut disampaikan Dandim bahwa menguatkan rasa kesatuan dan persatuan antara KBT sangat penting menghadapi berbagai tantangan yang saat ini tengah dihadapi masyarakat. Bencana alam, serangan virus, dan situasi politik yang tengah terjadi saat ini bisa dihadapi dengan memperteguh rasa kesatuan dan persatuan dalam membantu kemanusiaan bantuan non perang bersama TNI. Walaupun sebenarnya tugas utama pertahanan keamanan di Indonesia oleh TNI, namun kekuataan kebersamaan bangsa ini juga harus dimiliki oleh semua lapisan masyarakat terutama keluarga besar TNI.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan materi dari BPBD Kabupaten Banyumas Ery Cahyono, S. Sos dalam materinya tentang peran TNI dalam mitigasi bencana alam.

”Bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia sering terjadi seketika dan sulit diprediksi kapan akan terjadi sehingga menimbulkan banyak persoalan dalam penanganannya. Dari kasus-kasus bencana alam yang terjadi diperlukan suatu persepsi kemungkinan ancaman bencana alam maupun bentuk ancaman bencana alam sehingga ada suatu upaya dalam menanggulangi bencana secara terkoordinir meliputi upaya pencegahan, kesiapsiagaan , tanggap darurat dan pemulihan oleh semua komponen bangsa sesuai peran , fungsi dan tugas yang diatur dalam peraturan perundangan sehingga dapat meminimalkan korban yang terjadi akibat bencana,” jelas Bapak Ery.

Lebih lanjut disampaikan bahwa penggunaan kekuatan TNI-AD dalam membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan yang bertujuan mencegah berkembangnya kerugian , baik jiwa maupun harta benda rakyat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat agar tidak menimbulkan akibat yang mengancam kedaulatan negara dan keselamatan bangsa dilaksanakan melalui kemampuan pembinaan teritorial dan dukungan

Acara dilanjutkan dengan pemberian tali kasih kepada masing-masing perwakilan KBT oleh Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol dan sesi foto bersama. Pendim Bms.

Sharing is caring!