Anggota Kodim 0701/Banyumas Melaksanakan Test Urine

Banyumas – Puluhan TNI anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0701/Banyumas Rabu (16/09), mengikuti kegiatan penyuluhan dan tes urine di Koramil Kemranjen dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Tes urine itu sengaja dilakukan Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE., M.I.Pol melalui WS. Pasi Intel Kodim 0701/Banyumas Lettu Cba. Triyono sebagai upaya untuk memastikan TNI bersih dari pengaruh narkoba.

Prevalensi pengguna narkoba di Jateng sebesar 1,16 persen, masih di bawah prevalensi nasional yakni diangka 1,77 persen, menempatkan Jateng dirangking 32 dari 34 Provinsi, namun karena jumlah penduduk jateng yang mencapai 34 juta maka jumlah penggunanya mencapai kurang lebih 280 Ribuan.

“Melihat angka tersebut, dalam pemberantasan narkoba wajib dilakukan bersama-sama, sinergi antara aparat keamanan, aparat pemerintah dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap minimnya penyebaran Narkoba.

“Dalam program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kita juga melaksanakan penyuluhan dan melakukan cek urine secara acak dan mendadak terhadap anggota TNI tanpa pemberitahuan sebelumnya,” kegiatan tes urine bukan untuk mencari kesalahan namun justru untuk mencegah jangan sampai ada anggota TNI yang terkena penyalahgunaan narkoba, ujar Pasi Intel.

Dijelaskannya, tes urine itu dilakukan melibatkan Koramil jajaran Kodim 0701/Banyumas sebanyak 30 orang dan Hasil tes urine tersebut semuanya negatif. Tak satu pun anggota TNI maupun PNS di Kodim Banyumas terlibat narkoba. saya tegaskan jika ada anggota yang terlibat narkoba, pasti saya proses melalui jalur hukum yang berlaku sehingga dapat menimbulkan efek jera buat seluruh anggota militer dan PNS jajaran Kodim 0701 Bms” tegas Lettu Cba. Triyono. Pendim Bms.

Sharing is caring!