Pesona Wisata Sipentul di Desa Gunungwuled

PURBALINGGA – Wilayah Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah selain terkenal sebagai tempat lahir Jenderal Besar Soedirman ternyata memiliki potensi keindahan alam yang menarik. Salah satunya berada di kawasan Dusun Sipentul Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang yang memiliki bentang alam sangat menawan.

Seperti diungkapkan oleh Kades Gunungwuled Nasirudin Latif, S.T saat menyambut kunjungan wisata dari Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han bersama Forkopimda dan jajaran, panorama alam di Desa Gunungwuled dapat dikatakan masih alami berupa perbukitan, ada beberapa mata air yang sumber airnya masih bersih, karenanya Pemdes bersama Pokdarwis ingin mengembangkan menjadi obyek wisata. Pihaknya juga menginginkan kelestarian alam tetap terjaga, karenanya kedepan konsep ekowisata atau ekoturisme yang ingin dikembangkan, (16/8/2020).

“Bukan hanya semata menjual keindahan panorama alam saja tetapi mungkin potensi yang lain kami ingin menawarkan konsep ekoturisme,” harapnya.

Ditambahkan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E.,B.E.con.,M.M., Dusun Sipentul Desa Gunungwuled memiliki banyak potensi wisata, diantaranya selain keindahan perbukitan dengan medan yang terjal namun menawan ada juga sumber mata air panas di Kalianget.

“Hari ini Forkopimda termasuk Dandim 0702/Purbalingga melaksanakan survey langsung yang bertajuk “Piknik nang Purbalingga” sekaligus memberi semangat kepada Pokdarwis untuk dapat mengembangkan potensi alam di Sipentul agar menjadi destinasi wisata, nantinya kedepan dapat dikonsepkan oleh Dinporapar bersama Owabong bagaimana pengembangannya.
Terlebih nantinya ada Bandara JB Soedirman tentunya sektor pariwisata dapat dikembangkan menjadi penunjang,” ungkapnya.

Di tempat yang sama turut diungkapkan Dandim 0702/ Purbalingga pihaknya sangat mendukung upaya pengembangan wisata di Desa Gunungwuled, dengan melihat potensi yang ada khususnya sumber mata air. Kodim 0702/Purbalingga juga sedang melaksanakan Karya Bhakti TNI untuk mengatasi kekurangan air bersih.

“Kami Kodim 0702/Purbalingga bersama unsur yang lainnya sangat mendukung upaya pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui pengembangan obyek wisata di Dusun Sipentul Desa Gunungwuled, tak hanya itu melihat potensi sumber air yang ada di Sungai Ciroyom Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang sebagai hulu, TNI bersama masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Purbalingga melaksanakan karya bhakti berupa kegiatan pipanisasi untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah hilir yaitu di Kecamatan Pengadegan yang meliputi Desa Panunggalan, Desa Tumanggal, Desa Larangan, Desa Karangjoho dan Desa Bedagas dengan panjang sekitar 17 Km,” ungkapnya.(Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!