Operasi Penertiban Penggunaan Masker Tingkat Kecamatan Kemranjen Di Pasar Desa Sirau

Banyumas – Operasi Penertiban Penggunaan Masker Tingkat Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas digelar pada Hari Minggu, 09 Agustus 2020 di Pasar Desa Sirau.

Sasaran kegiatan ini adalah warga yang tidak memakai masker saat melintas di jalan, yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat dan roda dua, Pesepeda, dan Pejalan Kaki. Pelaksa Tugas dari kegiatan ini adalah Koramil 11 Kemranjen, Polsek Kemranjen, Satgas Gugus Tugas Covid 19 Kecamatan Kemranjen, Mahasiswa dari UMP, IAIN Purwokerto dan Unnes.

Warga yang tidak memakai masker dicatat datanya sesusai Kartu Identitas yang dimiliki. Ada berbagai alasan yang disampaikan mereka yang tidak memakai masker, seperti : lupa, hilang atau rusak. Namun, petugas juga memberikan Masker secara gratis bagi yang tidak memakai masker, setelah mengucapkan Pancasila dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan lancar.

Tindakan pembinaan fisik juga diberikan, seperti Push Up, Sit Up dan Squat Jump. Bila tidak mampu melakukan ini, biasanya petugas memerintahkan Sikap Tobat (nungging) selama 15 Menit, dengan salah satu Tangan atau Kaki diangkat. Tujuan diberikan sanksi di tempat agar selalu ingat memakai masker saat keluar ruma. Pendim Bms.

Sharing is caring!