Forkompimda Gelar Lepas Sambut Dandim 0710 Pekalongan

Pekalongan – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pekalongan menggelar acara lepas sambut Komandan Kodim (Dandim) 0710 Pekalongan di Pendopo Rumah Dinas, Senin (3/8) malam.

Jabatan dandim baru kini diemban oleh Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, S.IP, yang sebelumnya menjabat sebagai Irdyalog Itutum Itdam XVII Cenderawasih menggantikan pejabat lama Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, S.IP.,MMS yang pindah tugas menjadi Waas Ops Kodam 18 Manokwari.

Lepas sambut keduanya digelar sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si beserta istri, Wakil Bupati Ir. Arini Harimurti beserta suami, Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.IK.,M.Si, beserta unsur Forkompimda lainnya. Tampak pula Sekda Dra. Mukaromah Syakoer, MM beserta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah se Kabupaten Pekalongan, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, para tokoh agama/masyarakat di Kabupaten Pekalongan.

Pejabat lama Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, S.IP.,MMS dalam sambutannya mengatakan, selama 17 bulan berdinas di Pekalongan bersama istri banyak hal-hal positif yang telah dikerjakan bersama pemkab. Menurutnya sinergitas dan keguyuban Pemkab Pekalongan patut menjadi contoh bagi pemkab lain. “kami bersama bersinergi dalam mengatasi permasalahan yang ada. Banyak hal positif baik untuk saya pribadi maupun kedinasan yang saya pelajari khususnya bagaimana berkomunikasi dan berkoordinasi dengan stakeholder,” katanya.

Dandim yang baru, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, S.IP, menuturkan, menjadi dandim di Pekalongan sangat berat, apalagi sebelumnya pada kegiatan TMMD Reguler Kodim 0710 Pekalongan menjadi juara sehingga hal itu menjadi cambuk untuk bisa berbuat lebih lagi. “Selamat jalan pak Arfan, terimakasih atas dedikasinya, semoga kedepan lebih sukses karirnya,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan, terima kasih dan memberikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto atas jasa pengabdian, dedikasi serta prestasinya di Kabupaten Pekalongan. “Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto adalah seorang peminpin yang kreatif dan pekerja keras serta mempunyai visi dan misi kedepan, dalam waktu yang singkat keberhasilan dalam mendukung suksesnya kegiatan seperti TMMD dan kegiatan lainnya. Beliau punya talenta bagus dan aksebilitasnya tinggi sehingga banyak dikenal masyarakat”, tuturnya.

Untuk dandim yang baru, Bupati menjelaskan, bahwa masyarakat Kabupaten Pekalongan termasuk masyarakat yang terbuka, egalitarian karena secara geografis terletak di Pantai Utara Jawa dengan ciri utama masyarakatnya adalah wiraswasta. “masih sedikit atau mungkin jarang masyarakat kita yang jadi Dandim/Kapolres, karena memang orang tua kita mendidik untuk berwirausaha, baru pada abad ke 20 ini, banyak orang tua yang mulai sadar untuk menyekolahkan anaknya di pendidikan formal,” terangnya. Pendim Pkl.

Sharing is caring!