Wujudkan Lingkungan Sehat, Tim UPTD Lakukan Penyuluhan Jambanisasi di Desa Nusawungu

Cilacap-Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Cilacap Bebas Buang Air Besar Sembarangan, Bati Tuud Koramil 05/Nusawungu Pelda Turut mewakili Danramil bersama Tim dari UPTD Puskesmas Nusawungu I melaksanakan Penyuluhan jambanisasi bertempat di Desa Nusawungu, Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Selasa (7 /7).

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil 05/Nusawungu yang diwakili Pelda Turut, Kepala UPTD Puskesmas Nusawungu I Joko Semedi, Ketua Tim Penyuluh Kesehatan UPTD Puskesmas Nusawungu I Warsito dan anggota, Kepala Dusun II Nusawungu Eka P, serta masyarakat setempat.

Selaku Ketua Tim Penyuluh Warsito mengatakan upaya mewujudkan lingkungan yang sehat harus didukung oleh seluruh masyarakat, salah satu yang sedang digalakan saat ini adalah program jambanisasi. Untuk mewujudkan program tersebut harus mempedomani 5 Pilar STBM.

“Yang harus dilakukan diantaranya adalah 1. Stop buang air besar sembarangan (Stop BAB), kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat desa yang masih buang air besar sembarangan dan belum mempunyai jamban sehat agar segera membuat agar tidak menimbulkan polusi terhadap lingkungan dan dengan kesadaran warga menyatakan sanggup untuk membuat jamban sendiri,” katanya.

Lanjutnya, 2. Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Seiring dengan mewabahnya Covid-19 selain harus mematuhi himbauan sesuai dengan Protokol Kesehatan juga membiasakan hidup bersih agar tidak terkena kuman.

3.Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga.
Gunakan air minum yang layak konsumsi seperti air PDAM, air sumur gali, air dari mata air dengan ciri-ciri air tidak berwarna/bening.

4.Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.
Buanglah sampah pada tempatnya dan pisahkan antara sampah Organik dan Non Organik agar saat di buang di TPA akan mudah dalam pengelolaan limbah sampah tersebut.

Dan ke 5.Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga, agar tidak menimbulkan berbagai macam sumber penyakit limbah cair rumah tangga harus di tampung pada tempat yang tertutup agar tidak menimbulkan bau yang tidak enak dan jaraknya harus jauh dari sumur agar limbah tersebut tidak terserap kembali.

Ucapan terima kasih datang dari Kepala Desa Nusawungu yang diwakili oleh Kadus II Sariwungu Eka P.

“Terimakasih kepada Danramil 05/Nusawungu dan Kepala UPTD Puskesmas Nusawungu I yang telah membantu dan berperan aktif dalam memberikan pembekalan/penyuluhan warga masyarakat Desa Nusawungu dapat mendukung program Pemerintah khususnya di bidang kesehatan,” ucapnya. Pendim Clp.

Sharing is caring!