Tes Swab, 1 Warga Desa Jeruklegi Wetan Positif Covid-19, Tim Medis Tracking Kontak dan Swab Warga Sekitar

Cilacap – Berawal sakit batuk, SR (66 th) warga Dusun Kalibanjar, Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab yang dilakukan Puskesmas Jeruklegi 1 pada hari Rabu 29 Juli 2020 kemarin.

Guna langkah pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di wilayahnya, Tim Kesehatan Puskesmas Jeruklegi 1 yang dipimpin langsung Kepala Puskesmas dr. Pratiti Wiji Lestari, melakukan Test Swab kepada keluarga dan lingkungan warga sekitar. Tes Swab dilakukan di rumah Rd, warga Dusun Kalibanjar RT 02 RW 03 Desa Jeruklegi Wetan, Kamis (30/7/20)

Kegiatan tersebut di saksikan langsung oleh Kepala Desa Jeruklegi Wetan Evi Sulistyawan, Babinsa Koramil 02/Jeruklegi Sertu Budi S., aparat Kepolisian dari Polsek Jeruklegi Aiptu Giri Y. dan Poldes Jeruklegi Wetan Agus Hendro. Tes swab dilakukan terhadap 25 orang warga di lingkungan Dusun Kalibanjar RT 02/03 Desa Jeruklegi Wetan. Selain mereka, tes swab juga dilakukan kepada 4 orang warga RT 01/05 Dusun Lengkong, Desa Jeruklegi Kulon yang merupakan keluarga dan kontak langsung dengan pasien.

Guna mencegah penyebarannya, saat ini pasien kemudian dirujuk untuk di karantina di RSUD Cilacap dengan menggunakan Mobil Ambulance Puskesmas Jeruklegi 1 (Luxio) No. Pol. R 2801 XVW.

Selain tes swab, langkah – langkah lain yang dilakukan diantaranya melakukan penyemprotan dengan cairan Disinfektan di sekitar lingkungan rumah yang terkonfirmasi Covid-19, Menelusuri/Tracking keluarga dan warga sekitar, Melakukan Swab bagi keluarga dan warga sekitar terdampak serta membuat Portal di pintu masuk Jln. Kokosan dan Jln. Nangka Desa Jeruklegi Wetan untuk waspadai warga yang datang dari luar masuk ke desa dengan menerapkan prosedur Protokol kesehatan antisipasi Penularan Covid 19. Pendim Clp.

Sharing is caring!