Sholat Jumat Perdana Satgas TMMD Reguler Banyumas di Tempat Tugas

Banyumas – Target utama pelaksanaan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, adalah membangun sasaran fisik utama berupa rabat beton sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar 3,7 meter, 1 unit jembatan, dan juga 3 unit gorong-gorong.

Sedangkan untuk sasaran tambahannya adalah rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan pembangunan talud di sejumlah titik rawan longsor untuk menguatkan jalan menuju Obyek Wisata Curug Nangga tersebut. Semuanya ditargetkan 30 hari selesai.

Selain sejumlah sasaran fisik tersebut, yang tak kalah pentingnya adalah membangun kedekatan dengan penduduk setempat melalui aspek spiritual, yaitu bagi sejumlah anggota Satgas TMMD muslim, ikut sholat berjamaah di mushola atau masjid setempat.

Tampak jamaah Masjid Jami NU Baiturorhman, Dukuh Semingkir RT. 04 RW. 03, mulai bertambah seiring hadirnya anggota Satgas TMMD. Jumat (3/7/2020).

Dikemukakan Babinsa Petahunan dari Koramil 15 Pekuncen, Serka Eko Budi Wiyono, bahwa seluruh masyarakat binaannya itu beragama muslim sehingga pendekatan paling efektif dari segi spiritual adalah bagi TNI yang juga beragama muslim.

“Selain menjalin Komsos (Komunikasi Sosial) atau silaturahmi aspek keagamaan dengan masyarakat muslim, bagi anggota Satgas ibadah juga menunaikan kewajibannya kepada Tuhan YME,” ungkapnya.

Dibenarkan Danramil 05 Pekuncen, Kapten Inf. Jamaludin Abbas, bahwa selain hubungan vertikal kepada pencipta, kegiatan ini juga dapat membina hubungan horizontal karena menjadi wahana dalam menjalin silaturahmi TNI dengan masyarakat. Jumat (12/7/2019).

Sementara disampaikan Imam sekaligus Khotib sholat Jumat, Ustadz Zaenal Abidin (37), selaku tokoh agama setempat, pihaknya sangat menyambut baik kehadiran TNI di masjid atau mushola-mushola yang ada di desanya walaupun dalam suasana pendemi corona.

Untuk itulah dirinya berharap keramaian seperti itu terus terpelihara sampai berakhirnya TMMD (29/7).

“Selepas pelaksanaan ibadah tadi, kami memohon kepada Tuhan YME, agar dalam pelaksanaan pembangunan di desa kami diberikan kelancaran dan kemudahan dalam segala hal,” ucapnya. Pendim Bms.

Sharing is caring!