Pelatihan Pembuatan Fermentasi Complete Feed Ruminansia di Non Fisik TMMD Reguler

Banyumas – Pelatihan pembuatan fermentasi pakan komplit juga diberikan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Kabupaten Banyumas di non fisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, bertempat di Lokawisata Watu Kumpul, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas. Kamis (16/7/2020).

Tampak Hadi, petugas penyuluh Diskanak Banyumas, mencontohkan tahapan pembuatan complete feed kepada masyarakat peternak desa tersebut. Yaitu pencampuran bahan yang meliputi jerami, merang, bekatul, tetes tebu serta starter mikroba untuk fermentasi pakan.

Hadi menjelaskan, complet feed adalah solusi peternak ruminansia kambing, domba, sapi, dan kerbau, saat terkendala sulitnya mencari hijauan saat musim kemarau. Juga karena faktor harga konsentrat yang cukup mahal sehingga menyebabkan peningkatan ongkos produksi.

“Masyarakat disini kita ajarkan untuk memanfaatkan limbah pertanian, salah satunya adalah jerami. Setelah difermentasi, maka pakan komplit ini mampu bertahan lama sebagai pakan ruminansia,” ujarnya.

Ditambahkannya, banyaknya areal persawahan padi penduduk setempat, dinilainya sangat potensial untuk mendapatkan bahan utamanya yaitu limbah tanaman padi yaitu batang padi dan jerami.

Untuk diketahui, pelatihan itu merupakan acara puncak sosialisasi tersebut. Untuk narasumbernya adalah Ir. Ari widayati, Kasi Bidang Ternak dan Pakan Diskanak Banyumas. Pendim Bms.

Sharing is caring!