Lestarikan Bangunan Cagar Budaya, Prajurit Kodim Purbalingga Lakukan Perawatan Rutin

PURBALINGGA__Pelestarian bangunan cagar budaya mutlak dilakukan agar arti dan peran penting bangunan tersebut dari sisi penguatan identitas lokal maupun nasional terjaga, peningkatan nilai budaya hingga peningkatan nilai ekonomi bisa dicapai demi kepentingan daerah, bangsa dan negara. Karenanya, Penyelenggaraan bangunan gedung cagar budaya wajib diperhatikan oleh pemilik bangunan baik itu perseorangan, badan hukum, kelompok orang, perkumpulan maupun pemerintah/pemerintah daerah maupun juga oleh para penyedia jasa sebagai penyelenggara bangunan gedung cagar budaya seperti yang dilaksanakan oleh anggota Kodim 0702/Purbalingga kepada bangunan Markas Kodim yang juga merupakan aset bangunan cagar budaya dengan melaksanakan perawatan rutin (23/7/2020).

Markas Kodim 0702/Purbalingga yang terletak di jalan S. Parman No. 1 Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga dahulu merupakan Gedung Asisten Residen pada masa pendudukan Belanda, secara umum berorientasi menghadap ke utara. Terdiri dari 3 bangunan yang masing masing dihubungkan oleh koridor terbuka. Bangunan induk berada paling tengah, atap mengusung model limasan. Beranda depan disambung dengan kanopi dengan atap model pelana. Bagian samping kanan-kiri bangunan induk terdapat pintu-pintu dan dinaungi tritisan dengan gambaran model bangunan buatan Belanda pada masa itu.

Dalam melakukan pemeliharaan bangunan Kodim 0702/Purbalingga rutin dilaksanakan perawatan, diantaranya pengecatan, pembersihan dan perbaikan atap yang bocor.

Diungkapkan Peltu Maskut selaku Kapoktuud Kodim Purbalingga sebagai penanggung jawab urusan pangkalan bahwa dirinya bersama anggota Kodim Purbalingga lainnya merasa bangga dengan bangunan markasnya yang merupakan bangunan cagar budaya.

” Kodim 0702/Purbalingga aktif merawat markasnya, hal ini sebagai upaya untuk melestarikan dan menjaga aset bangunan cagar budaya di samping menjaga kebersihan dan keamanan markasnya karena merupakan bangunan tua, sebagai anggota Kodim Purbalingga kami turut bangga dapat diberi kesempatan ikut melestarikan bangunan bersejarah yang saat ini menjadi markas kami,” ungkapnya. (Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!