Kasdim Cilacap dan Pasiter Hadiri Rakor Persiapan Kunker Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan Komisi IV DPR RI

Cilacap – Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian dan Pasiter Kapten Cba M. Isa Saefudin hadiri Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan kunjungan kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Komisi IV DPR RI di Aula Breakwater PPS Cilacap, Jln. Lingkar Teluk Penyu No. 2 Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, Jum’at (24/7/20).

Rapat koordinasi dipimpin langsung Kepala Pelabuhan perikanan Samudera Cilacap Imas Masriyah S.Pi., dan Dirjen Perikanan Tangkap dari Jakarta Sofyanto dan dihadiri para pejabat Dirjen Perikanan Tangkap, DPC HSNI Cilacap Pardjo HP, Kabid PPLD Dispermades Subandiyono SH, unsur TNI dari Kodim 0703/Cilacap Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian, Pasiter Kapten Cba. M. Isa Syaefudin dan Babinsa Tegalkamulyan Serda Isminanto dan dari Lanal Cilacap Pjs.Pasop Kapten Laut (P) Subandi. Unsur Polri diwakili Babinkamtibmas Tegalkamulyan Aiptu Rizal Afriyanto, S.H.

Dalam rapat tersebut, Kepala PPS Cilacap Imas Masriyah mengatakan, rapat dilakukan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan hal-hal lain dalam rangka menyambut kunjungan Kerja Kementrian Kelautan dan Perikanan dan Komisi IV DPR RI yang akan di laksanakan pada hari Senin tanggal 27 Juli 2020 di Kantor PPS Cilacap. Ditengah situasi Pandemi Covid -19, dia juga mengingatkan bahwa kegiatan nantinya harus sesuai Protokol Kesehatan. “Untuk itu, undangan yang akan menghadiri tidak banyak diantaranya Forkopimda, Dinas Instansi terkait serta para nelayan kecil berjumlah 50 orang,” jelasnya.

Hal tersebut diperkuat penjelasan dari Dirjen Perikanan Tangkap, Sofiyanto yang mengatakan bahwa yang hadir dalam kegiatan kunjungan kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Komisi IV DPR RI akan di batasi yaitu hanya 50 orang terdiri dari Nelayan dan lainnya dari Staf staf. Dia juga memaparkan rencana rangkaian kegiatan mulai dari saat tiba hingga selesai acara. Pada kegiatan tersebut nantinya, akan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Laut (PKL) antara Pemilik Kapal dan ABK dan Penyerahan Bantuan dan juga Sertifikat.

Selain itu juga Bakti Nelayan (APD dan Sembako), Klaim BPAN, Permodalan Perbankan, BPJS Ketenagakerjaan bagi Nelayan kecil dan ABK, penyerahan Sertifikat Ketrampilan Penangan Ikan (SKPI) kepada ABK, Sertifikat Cara Penangan yang Baik (SCPIB), Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan (seHAT) dan Persetujuan Pengadaan Kapal Perikanan (PPKP) serta sambutan Komisi IV DPR RI dan dialog dengan perwakilan Nelayan.

” Terkait kegiatan tersebut, kami mohon bantuannya baik dari Forkopimda dan TNI – Polri untuk masalah keamanan, karena ini menyangkut pejabat negara maka dari itu kami mohon bantuannya untuk memback up masalah keamanan ini,” pintanya.

Menjawap permintaan tersebut Pasiter Kapten Cba. M. Isa Syaefudin mewakili Satuan menjelaskan bahwa TNI senantiasa akan selalu siap mendukung semua kegiatan agar nantinya berjalan lancar. Namun demikian, permintaan pengamanan hendaknya melalui Surat Permohonon Bantuan Personil Pengamanan agar tertib as dministrasi dan bisa segera dibuatkan Surat Perintah Pengamanan kepada personil yang ditunjuk.

” Untuk Surat Permohonan Bantuan Personil Pengamanan dalam rangka Kunjungan Kerja Kementrian Kelautan dan Perikanan dan Komisi IV DPR RI di harapkan segera diajukan ke Kodim 0703/Cilacap agar tertib administrasi dan segara di proses untuk pembuatan sprint mengingat pelaksanan kegiatan adalah hari senin,” terangnya. Pendim Clp.

Sharing is caring!