Di Purbalingga Komunikasi TNI Dengan Masyarakat Terjalin di Jalan

PURBALINGGA__ Komunikasi sosial atau Komsos merupakan salah satu metode pembinaan teritorial sekaligus sebagai wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keakraban TNI dengan masyarakat, sesuai dengan peran tugas dan fungsi TNI AD dalam membantu pemerintah daerah untuk menciptakan pemberdayaan wilayah pertahanan negara aspek darat serta menangkal dan menghadapi setiap ancaman yang timbul.

Berbagai metoda Komsos dapat dilakukan antara lain seperti yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 01/Purbalingga, melalui kegiatan pembinaan fisik yang dilaksanakan yaitu lari pagi keliling jalur kota Purbalingga sembari menyapa masyarakat yang dilewatinya dan sesekali mensosialisasikan protokol kesehatan sebagai upaya menuju tatanan new normal di Kabupaten Purbalingga (16/7/2020).

Melalui kegiatan ini kedekatan TNI dengan masyarakat lebih mudah terjalin pasalnya dengan kondisi yang tidak begitu formal masyarakat lebih mudah untuk akrab berkomunikasi dengan TNI.

Seperti diungkapkan Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto ketika harus menyapa masyarakat dalam kondisi di jalan masyarakat lebih mudah untuk diajak komunikasi.

” Biasanya masyarakat sedikit segan atau takut manakala dalam situasi formal TNI menggunakan pakaian dinas lengkap, karenanya sambil berolahraga sepanjang jalan kami menyapa masyarakat dan tentunya sambil menyampaikan himbauan tentang protokol kesehatan, metoda ini kami rasakan cukup efektif dan lebih mengena karena dapat dilaksanakan dalam kondisi serius tapi santai sehingga komunikasi aktif dengan masyarakat lebih mudah terjalin,” paparnya. (Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!