Peringatan Harganas di Lokasi TMMD Reguler Banyumas Terjaring 48 Akseptor

Banyumas – Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas melalui Puskesmas Pekuncen, Kecamatan Pekuncen, menggelar pelayanan KB Kes peringatan Harganas ke-27 dan HUT BKKBN ke-50 tahun 2020, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Senin (29/6/2020).

Disampaikan Kepala Puskesmas Pekuncen melalui Bidan Desa Petahunan, Sri Widiarti (32), kegiatan merupakan program pelayanan KB serentak sejuta akseptor dari BKKBN pusat yang dilaksanakan hari ini, adalah upaya menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari wilayah pedesaan.

Dalam peringatan Harganas yang jatuh pada hari ini, pelayanan KB yang dilangsungkan di Balai Desa Petahunan ini, terjaring sebanyak 48 akseptor KB implan dari 3 desa di Kecamatan Pekuncen, yaitu 26 orang dari Desa Petahunan, 17 dari Desa Semedo, dan 5 orang dari Desa Karangkemiri, antara usia 18-45 tahun.

“Ini adalah terobosan BKKBN untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi. Terjaring 29 akseptor KB implan baru dari jumlah total 48 akseptor. Sementara 19 orang lainnya adalah bongkar dan pasang kembali,” jelasnya.

Untuk pelayanan IUD, akan dilakukan di Puskesmas Pekuncen, esok hari yang bertepatan dengan pembukaan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan.

Dalam kegiatan bakti sosial yang disinkronkan dengan non fisik TMMD Reguler ini, petugas kesehatan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu pengecekan suhu badan dari setiap calon akseptor dan diwajibkan memakai masker, sedangkan petugas memakai APD (Alat Pelindung Diri).

Sekedar diketahui, Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni sesuai Kepres RI Nomor 39 tahun 2014. Hari ini juga akan dilakukan pencatatan Rekor MURI, dengan target layanan sejumlah 1.373.902 orang.

Ini juga merupakan upaya BKKBN dalam merespon berkurangnya kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan terkait pandemi virus corona, yang secara otomatis menurunkan jumlah peserta KB aktif maupun KB baru di layanan fasilitas kesehatan.

Pelayanan BKKBN serentak di seluruh Indonesia meliputi pelayanan KB baru (termasuk KB pasca persalinan), KB ulangan dan KB ganti cara. Sedangkan untuk jenisnya yaitu KB pil, kondom, suntik, IUD, implan, MOW dan MOP. Pendim Bms.

Sharing is caring!